Dengan Mematuhi Protokoler Kesehatan, Umat Muslim di Kota Gunungsitoli Laksanakan Shalat Idul Fitri 1441H

Foto sebelum shalat id 1441H

KBRN,Gunungsitoli: Umat Muslim di kota Gunungsitoli melaksanakan ibadah shalat berjamaah Idul Fitri 1441 H - 2020 M di setiap masjid, (Minggu/24/5/2020).

Seperti pantauan RRI di lapangan tepatnya di masjid Raya Al-Furgan Kota Gunungsitoli, sejak pukul 06.30 Wib umat muslim  yang ada di seputar kota Gunungsitoli dan sekitarnya terus berdatangan untuk mengikuti shalat Idul Fitri 1441H. Akan tetapi ada yang berbeda pada pelaksanaan Idul Fitri 1441 pada tahun ini, dimana ditengah penyebaran Covid-19 setiap jamaah yang mengikuti shalat berjamaah Idul Fitri diharuskan menggunakan masker, membawa sajadah masing masing, menjaga jarak, mencuci tangan sebelum masuk dan keluar masjid. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona yang mematikan ini.

Ketua BKM Masjid Raya Al-Furgan Kota Gunungsitoli Ustad Wilman Harefa,S.Pd sesaat sebelum dimulai shalat idul Fitri menyampaikan bahwa pelaksanaan ibadah shalat idul Fitri ini dilaksanakan atas  hasil musyawarah MUI bersama BKM Se-Kota Gunungsitoli dan dilanjutkan surat edaran Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Gunungsitoli Nomor: A.019/DP-K.II/30SR/5/2020 tanggal 21 Mei 2020.

" Pelaksanaan shalat ini sesuai surat edaran MUI kota Gunungsitoli, namun dengan Mematuhi seluruh protokoler kesehatan Covid-19 " Ujarnya.

Dalam surat edaran MUI Kota Gunungsitoli itu menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan shalat idul Fitri ditengah wabah Corona maka para jamaah harus mematuhi protokoler kesehtan dengan wajib menggunakan masker, membawa sajadah masing masing, mencuci tangan masuk dan keluar masjid, tidak bersalaman, menjaga jarak, jamaah yang sakit dianjurkan shalat dirumah.

Pantauan dilapangan, pelaksanaan shalat idul Fitri 1441 H 2020 M di masjid Al Furgan Gunungsitoli berjalan aman dan lancar. Dan shalat dimulai pukul 07.00 wib, sementara Imam dan Khatib di pimpin oleh Ustad Drs.H.Jakfar Harefa. Dan juga di jaga ketat pihak Polri dan TNI. (Bobi R)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00