Kebijakan dan Program Pemerintah Kabupaten Nias Selatan Cegah Covid 19

KBRN Gunungsitoli: Berbagai Peraturan Bupati (Perbup) sudah diterbitkan seiring dengan pencegahan penyebaran covid 19 diwilayah tersebut. Bupati Nias Selatan Dr.Hilarius Duha SH, MH saat menjadi narasumber Dialog interaktif yang digelar WVI Nias Selatan dengan Tema Kebijakan dan Program Pencegahan Penyebaran Covid 19 yang berlangsung Jumat (22/05/2020)  di pendopo Bupati Nias Selatan mengatakan gugus tugas sudah melakukan berbagai program pencegahan salah satunya dengan menggelar berbagai pelatihan dan simulasi.

Simulasi yang dilakukan seperti bagaimana menangani pasien yang terkonfirmasi covid 19 hingga pola penguburan pasien covid 19, simulasi ini ditujukan untuk melatih para tim medis dalam menangani pasien dengan menggunakan APD lengkap serta mengundang masyarakat untuk menyaksikan secara langsung sebagai bentuk edukasi kepada warga tentang bahaya covid 19.

Sementara itu sesuai dengan hasil pertemuan Forum Kepala Daerah yang digelar di kantor Bupati Nias beberapa waktu yang lalu, pemerintah kabupaten Nias Selatan memberikan kelonggaran dalam hal pelaksanaan Shalat Idulfitri. Bupati Nias Selatan Dr.Hilarius Duha SH, MH mengatakan pelaksaan shalat ied pada hari minggu, 24 Mei 2020 diperbolehkan namun wajib mematuhi protokoler kesehatan antara lain menjaga jarak dan menggunakan masker dan tidak berjabat tangan.

“Intinya kami minta warga menerapkan protokoler kesehatan pakai masker, jaga jarak dan jangan dulu berjabat tangan. Kami harapkan masyarakat bisa mematuhi hal ini semata demi mencegah penyebaran covid 19 diwilayah ini”, pinta Bupati.

Terkait hal ini Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Selatan Dokter Henny K Duha mengatakan untuk memastikan pelaksanaan Shalat ied di kabupaten Nias Selatan akan berlangsung kondusif pihaknya akan mengerahkan petugas untuk melakukan penyemprotan disinfektan di mesjid-mesjid serta melakukan pemeriksaan kesehatan seperti suhu tubuh bagi jemaah sebelum masuk ke dalam mesjid.

Sementara Manager WVI AP Nias Selatan Silvester Lowa yang menggagas dialog tersebut mengatakan pihaknya terus mendukung upaya yang dilakukan pemerintah kabupaten Nias Selatan melalui gugus tugas. Sebagai lembaga yang peduli dengan anak-anak, WVI lakukan upaya pencegahan agar anak-anak terhindar dari covid 19 ini khususnya di 16 desa di 2 kecamatan di wilayah itu.

“WVI hadir sebagai pendukung hal-hal yang sudah dilakukan, kami sudah membangun sarana CPTS di 16 posyandu dan 14 PAUD sesuai visi kami untuk setiap anak hidup utuh sepenuhnya”, terang Silvester.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00