Jelang Lebaran Idul Fitri 2020, Sejumlah Harga Kebutuhan Pokok di Kabupaten Nias Naik Siknifikan

kebutuhan pokok

KBRN,Gunungsitoli : Dinas perindustian dan perdagangan kabupaten Nias terus melakukan pemantauan harga di sejumlah pasar  dan juga pekan tradisional yang ada di kabupaten Nias, ditengah penyebaran Covid-19 dan juga mendekati perayaan idul Fitri 1441 Hijriah 2020 Miladiyah. Pemantauan ini dilakukan untuk meminimalisir kenaikan sejumlah harga yang berdampak pada daya beli masyarakat.

Kepala Dinas Perindustrian dan perdagangan kabupaten Nias Drs. Desmon Zebua kepada Radio Republik Indonesia menyampaikan bahwa, dari hasil pantauan dilapangan, tedapat sejumlah harga kebutuhan pokok yang naik sangat drastis, seperti Gula 20 ribu/Kg, Bawang merah lokal sudah tembus 60/kg, termasuk cabe merah. Ia mengakui, sejumlah barang kebutuhan pokok ini memang didatangkan dari luar pulauan Nias.

“ jelang lebaran ini ada sejumlah harga kebutuhan pokok yang naik drastis seperti harga bawang merah lokal yang sudha tembus Rp 60 ribu/Kg “ Ujarnya (Kamis/21/5/2020).

Mengantisipasi kenaikan sejumlah kebutuhan pokok jelang lebaran dan ditengah penyebaran Covid-19 ini, Dinas perindustrian dan perdaganagn kabupaten Nias bekerja sama dengan dinas pertanian dan ketahanan pangan kabupaten Nias untuk tetap mendorong para petani lokal dalam meningkatkan hasil produksi pertaniannya, sehingga bisa menekan sejumlah harga yang melambung tinggi dipasaran saat ini.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Nias juga meminta masyarakat agar tidak melakukan panik buying dengan membeli barang dalam jumlah yang banyak ditengah penyebaran wabah virus corona. hingga saat ini pemerintah pusat maupun pemerintah daerah menjamin ketersediaan bahan pokok masih aman. Mulai dari beras, gula, minyak makan dan sejumlah kebutuhan pokok lainnya. (Bobi R)

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00