Aktivitas Gempa Kepulauan Nias Pada Minggu Kedua Mei Magnitudo Kurang dari 5

Jumlah dan Titik Gempa di Kepulauan Nias dan Sekitarnya

KBRN, Gunungsitoli: Hasil analisa aktivitas gempabumi di kepulauan Nias dan sekitarnya oleh BMKG stasiun Geofisika Gunungsitoli pada minggu kedua bulan Mei periode 08 – 14 Mei 2020 menunjukkan telah terjadinya kenaikan aktivitas kegempaan yang tidak terlalu signifikan.

Pengamat Meteorologi dan Geofisika (PMG) Esther Zebua menyebutkan telah terjadi gempa bumi tektonik di wilayah Kepulauan Nias dan sekitarnya sebanyak 12 kali kejadian. Jumlah ini mengalami kenaikan dibandingkan dengan gempabumi pada minggu sebelumnya yang berjumlah 10 kali.

Dijelaskannya aktivitas gempabumi yang terekam di Stasiun Geofisika Gunungsitoli pada minggu kedua Mei 2020 terdistribusi secara merata di jalur sesar sumatera dan di zona subduksi. Gempabumi yang tercatat pada magnitudo dibawah 3 sebanyak 4 kejadian gempabumi, kemudian dengan magnitudo antara 3 s/d 4  sebanyak 7 kejadian gempabumi dan pada magnitudo diatas 4 sebanyak 1 kejadian.

 Pada minggu kedua Mei 2020 terdapat 1 kejadian gempabumi yang dirasakan oleh masyarakat yang berada di Tarutung, gempabumi tersebut memiliki magnitudo M 3.0 pada tanggal 10 Mei 2020 yang berlokasi di BaratlDaya Tapanuli Utara – SUMUT pada kedalaman 3 Km. Gempabumi yang terjadi di Tapanuli Utara tersebut tidak dirasakan oleh masyarakat Nias.

“Peningkatan jumlah kejadian gempabumi biasa terjadi dalam aktifitas kegempaan karena adanya pergerakan lempeng bumi yang terus-menerus, sehingga kami menghimbau kepada masyarakat Kepulauan Nias dan sekitarnya agar tetap tenang dan peduli dengan kondisi lingkungan sekitar, gempabumi tidak berbahaya asal kita tahu langkah mitigasi dan tanggap bencana”, jelas Esther, Jumat (15/05/2020).

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00