Jembatan Mola Ambruk, Ratusan Warga Kabupaten Nias Terisolir

KBRN, Gunungsitoli: Banjir terus melanda sejumlah daerah di Kepulauan Nias. Akibatnya, sebuah jembatan di Desa Orahua Kecamatan Bawalato Kabupaten Nias ambruk dan memutus jalur transportasi.

Sekitar 10 meter jalan itu terputus. Padahal, jalan ini merupakan akses jalan ke sejumlah Desa di kabupaten nias dan akses pintas menuju ke kecamatan Gomo kabupaten Nias Selatan.

Dari informasi warga, arus sungai yang meluap sejak sepekan terakhir, mengikis perlahan pinggiran sungai yang tepat berada di bawah jembatan dan merusak sejumlah harta benda milik warga sekitar bantaran sungai Idanomola Kecamatan Bawalato Kabupaten Nias.

"Setelah puluhan tahun kejadian banjir seperti ini terulang lagi. Air sungai makin penuh dan banjir meluber di sekitar rumah warga," ujar Adina Waruwu, salah seorang warga Desa Orahua, Rabu (16/10/2019) pagi.

Selain jembatan mola yang putus dan tak dapat dilalui oleh kendaraan roda empat, beberapa rumah warga juga terdampak rusak. Kebanyakan, warga yang bermukim di wilayah pinggiran sungai abrasi hingga beberapa meter.

"Sekarang sudah surut. Tapi, kalau banjir susulan bisa bahaya karena rumah warga di pinggir sungai sudah terkikis. Kami harap pemerintah daerah cepat menangani bencana ini," harapnya.

Pantauan RRI, selain warga sedang membangun jembatan darurat, juga tampak alat berat milik pemerintah setempat sedang melakukan pengalihan aliran sungai.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00