Desa Cantik, Program Yang Ajak Masyarakat Cinta Statistik

KBRN, Nias Selatan: Memiliki data akurat dapat memberikan keuntungan serta kemudahan bagi masyarakat dalam mengurus berbagai keperluan kependudukan dimasa yang akan datang. Oleh karena itu, diperlukan kerjasama semua pihak dalam mewujudkan penyediaan data akurat tersebut.

Kepala BPS Nias Selatan melalui Pembina Desa Cantik Jurd Kriswanti Lase, meminta warga Desa Hilisimaetano untuk senantiasa mempertahankan dan melestarikan akan Cinta Statistik diwilayah tersebut agar tetap terpelihara dan menjadi kebanggaan bersama.

Sebab menurutnya, Cantik itu Cinta Statistik tersebut merupakan data yang akurat yang harus dijaga untuk diteruskan kepada generasi muda dimasa yang akan datang.

"Karena Desa cantik tersebut adalah singkatan dari desa cinta statistik yang artinya bagaimana desa tersebut cinta akan statistik atau cinta akan data, karena desa ini sekarang bukanlagi opjek dari pembangunan tetapi desa itu sudah menjadi sapjek, supjek atau ujung tombak dalam suatu pembangunan," tuturnya, Jumat (19/8/2021).

Sementara itu, Kepala Desa Hilisimaetano, Formil Dachi menyampaikan ucapan terimakasih kepada BPS RI atas terpilihnya desa Hilisimaetao menjadi desa Cantik serta mendapatkan piagam.

Pihaknya sangat bangga dan merasa bahwa prestasi itu diraih karena mungkin sudah sesuai dari kriteria BPS RI. Ia juga mengaku senang karena upaya mereka selama ini dalam menyiapkan dan  melengkapi berbagai data, membuahkan hasil yang membanggakan.

“Kami tidak mau tau ada piagam atau tidak yang penting data di Hilisimaetano itu harus lengkap dan ternyata dapat dihargai juga oleh BPS RI dan tidak sia-sia perjuangan pemerintah desa maupun masyarakt desa Hilisimaetano tersebut,” jelasnya.

Untuk itu, iapun mengajak desa-desa lainnya untuk mulai melengkapi data-data didesa, bukan untuk mencari keuntungan sesaat namun agar memudahkan masyarakat dikemudian hari.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar