Danlanal Pimpin Upacara Pengibaran Bendera di Bawah Laut Pantai Tureloto Nias Utara.

KBRN,  Gunungsitoli : Danlanal Nias Letkol Laut (P) Jerry Henry Manuhutu bekerja sama dengan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Nias Utara Sabar Jaya Telaumbanua, S.Pi, M.Si melaksanakan pengibaran bendera merah putih di perairan Pantai Tureloto, desa Balefadorotuho, Kecamatan Lahewa Kabupaten Nias Utara, bertepatan pada peringatan  hari Kemerdekaan Republik Indonesia  ke 77,  dimulai pada pukul 10.17 WIB sampai selesai. 

Kegiatan ini bertemakan membangun kejayaan maritim demi kemajuan bangsa  dan negara yang dilakukan secara serentak di 77 lokasi seluruh Indonesia yang dipimpin langsung oleh Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono.

Acara ini dilaksanakan juga video conferene (Vicon) dari 77 lokasi seluruh Indonesia dengan terpusat di Gladak KRI Dewa Ruci.

 Pengibaran bendera merah putih di perairan pantai tureloto merupakan salah satu lokasi dari 77 di seluruh Indonesia. Regu penyelam yang turun berjumlah 10 orang yang  langsung dipimpin oleh  Danlanal Nias Nias Letkol Laut (P) Jerry Henry Manuhutu, regu penyelam dari Dinas Perikanan Kabupaten Nias Utara,  Solangi Diving Club, Ketua Kelompok Konservasi Koalisi Bahari selaku komandan upacara Yanuarman Gulo serta regu penyelam  dari   Basarnas Nias, dan penyuluh perikanan dibantu dari Kementerian kelautan dan perikanan.

Danlanal Nias Nias Letkol Laut (P) Jerry Henry Manuhutu mengatakan pelaksanaan kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT kemerdekaan RI yang ke 77. Menggelorakan semangat cinta bahari, kepedulian terhadap kemaritiman kita, dan menunjukan bahwa kita adalah salah satu institusi dibidang kemaritiman yaitu TNI/Polri yang ada di Nusantara ini dapat melaksanakan tugas bersama menjaga laut kita ini, menjaga laut nusantara kita baik dipermukaan mapun sumberdaya yang ada di permukaan sampai di dasar laut.

"Itulah arti yang sesungguhnya perayaan HUT kemerdekaan RI ini yang ke 77, ini juga merupakan instruksi Bapak Presiden RI yang ditindaklanjuti oleh Bapak Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, SE, MM, dengan puncak pada acara yang kita laksanakan bersama pada hari ini," ujarnya. 

Kegiatan ini semoga bermanfaat dan menjadi pembuka untuk melaksankan kegiatan ini ke depannya, guna terus meningkatkan kesadaran kita dalam semangat  kebaharian, gerakan cinta bahari  dan dapat memberikan dampak dalam meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Nias Utara Sabar Jaya Telaumbanua, S.Pi, M.Si mengucapkan terima kasih kepada Danlanal Nias bersama tim  atas terpilihnya lokasi Perairan Pantai Tureloto sebagai  lokasi pelaksanaan upacara penaikan bendera bawah laut. Perlu diketahui juga bahwa Kawasan pantai tureloto merupakan bagian dari Kawasan Konservasi yang sudah ditetapkan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan melalui Kepmen no. 54 Tahun 2017 dan lokasi ini merupakan salah satu ikonik  wisata di Kabupaten Nias Utara.

 Perlu kita ketahui juga bahwa Kabupaten  Nias Utara memiliki keindahan bawah laut yang eksotis dengan keanekaragaman sumberdaya yang ada. Diving merupakan salah satu cara mengajak stakeholder untuk meningkatkan kesadaran cinta bahari, untuk itu diharapkan ke depan supaya kegiatan ini berkelanjutan dan terus bekerjasama dengan stakeholder terutama Lanal Nias dalam menggelorakan olahraga diving dan snorkling di Kepulauan Nias khususnya di Kabupaten Nias Utara. 

"Ke depan perlu diagendakan pertemuan rutin antar stakeholder untuk program Gerakan cinta bahari beserta peningkatan kapasitas kelembagaan untuk olahraga diving dan snorkling ini," ungkap,  Sabar.

Pada kesempatan ini turut hadir Kapolsek  Lahewa Ipda Hesena Ziliwu, S,H, M.H , Danramil 05 Lahewa Letda Inf. Achmad, Danposal Gunungsitoli Kapten Laut (T) Heri Wahyudi, perwakilan dari Pos TNI Angkatan Laut Lahewa, perwakilan segenap personil dari Lanal Nias dan masyarakat pesisir yang ada di sekitar pantai Tureloto.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar