Bulan Agustus, Kondisi Cuaca Labil di Wilayah Kepulauan Nias Dan Sekitarnya

Prakirawan BMKG Binaka Gunungsitoli, M.Niza Andria (kiri)

KBRN, Gunungsitoli: Prakirawan BMKG Binaka Gunungsitoli, Muhammad Niza Andria menyampaikan cuaca pada bulan Agustus akan labil hingga memasuki pertengahan bulan September mendatang.

Ia menjelaskan pada awal Agustus ini posisi matahari berada di sebelah utara equator menuju ke garis khatulistiwa dan tepat berada di equator tanggal 23 September.Dengan posisi matahari menuju ke equator dapat dikatakan pada saat ini sedang memasuki musim peralihan atau pancaroba dimana kondisi cuaca labil. “Cuaca kemungkinan terus labil hingga nanti sekitar tanggal 23 September. Bisa kadang-kadang panas terus tiba-tiba hujan seperti yang terjadi selama ini,” katanya, Rabu (10/8/2022).

Untuk jumlah hari hujan di bulan Agustus Niza menyebutkan sekitar 15-20 hari. Namun pada cuaca labil ini curah hujan bergantian di berbagai wilayah di kepulauan Nias dan bahkan di satu wilayah.“Hujan local memang karakteristik cuaca di kepulauan Nias, jadi bisa hujan di satu lokasi, di lokasi lainnya kering, atau prakiraan cuaca sering meleset dari yang hasil pengamatan prakirawan,” imbuhnya.

Sejauh ini BMKG mencatat suhu udara mencapai 33̊ C namun kondisi ini menurut Niza belum dapat dikatakan ekstrim. Ia mengimbau masyarakat tetap waspada dengan kondisi cuaca yang labil untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar