Jelang Idul Adha, Monitoring Hewan Qurban Di Lokasi Karantina

Monitoring dan Pengawasan Hewan Qurban Yang Dikarantina Di Desa Afia

KBRN, Gunungsitoli: Jelang hari raya Idul Adha, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Gunungsitoli melakukan pemantauan di calon lokasi pemotongan hewan qurban.

Kepala Dinas  Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Gunungsitoli melalui Kabid Peternakan Ediroto Zebua mengatakan sejak lusa kemarin petugas melakukan pemeriksaan kesehatan hewan qurban sebelum dipotong.

Pihaknya juga sudah mendata titik-titik pemotongan hewan qurban diantaranya di 2 lokasi di kecamatan Gunungsitoli Utara dan ternak yang akan dikurbankan kondisinya sehat dari PMK.

“Kami sudah melakukan monitoring, kami memantau kondisi hewan qurban di penampungan sementara  yakni di desa Olora dan desa Afia sebelum pendistribusian kepada panitia qurban, dan sekitar 22 hewan qurban yang didatangkan dari Pulau Simeulue Aceh tidak terdektesi PMK,” jelasnya, Kamis (7/7/2022).

Diungkapkannya hingga hari ini kepulauan Nias masih nol kasus PMK meski demikian pihaknya tidak mengeluarkan surat rekomendasi untuk pemasukan hewan qurban dari luar pulau Nias jika bukan dari pulau yang bebas PMK.

Kepada panitia qurban, pemerintah mengimbau untuk pengadaan hewan qurban diupayakan dari kepulauan Nias saja meski diakui jumlahnya memang tidak mencukupi karena kebutuhan hewan khusus di kota Gunungsitoli tahun 2021 yang lalu mencapai 179 ekor di 38 titik pemotongan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar