Kemenag Nias Berikan Pelatihan Kepada Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Katolik

Sumber ft Humas Kemenag Nias

KBRN,Gunungsitoli: Kepala Kankemenag Kabupayen Nias Muhammad Rosyadi Lubis, SHI. didampingi Kasi Bimas Katolik Kankemenag Kabupaten Nias, Drs. Emmanuel Hia, menghadiri Kegiatan Pelatihan Kelompok Kerja Guru (KKG) Pendidikan Agama Katolik Tk. Dasar Lingkup Kankemenag Kabupaten Nias yang di adakan di Aula Museum Pusaka Nias.

Kepala Kankemenag Kabupaten Nias Rosyadi Lubis mengatakan bahwa materi dalam kegiatan kali ini terkait penyusunan Daftar Usul Penetapan Angka Kredit (DUPAK) dan Sasaran Kerja Pegawai (SKP) ditambah lagi dengan Moderasi Beragama.

Kegiatan ini jelas Rosyadi bertujuan agar ASN di kemenag benar benar dapat melaksanakan tugas dengan nyata dan sesuai dengan yg di harapkan.

Sebagai ASN terutama para guru harus betul-betul menjadi ASN yang profesional, salah satunya adalah dengan mengisi kelengkapan data. Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) ini sangat penting, di antaranya untuk meningkat kompetensi guru, yaitu bagaimana guru-guru punya kompetensi yang baik dalam menyampaikan bahan ajarnya sehingga guru-guru memiliki tingkat profesionalisme yang semakin baik. Dan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam meningkatkan pendidikan baiknya memiliki sikap dan sifat yang proaktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan.

"Jadi salah satu tuntutan dari kegiatan KKG ini adalah bagaimana guru itu bisa mentransfer ilmunya tapi dengan metode yang menyenangkan kepada siswa," Ungkapnya (Senin/4/7/2022)

Sementara itu KTU Kantor Kemenag Kabupaten Nias Robert Arozatulo Zebua yang juga sebagai narasumber pada pelatihan ini, dalam pemaparannya mengatakan bahwa hidup beragama memiliki keberagaman, dan akibat dari keberagaman tersebut maka adanya moderasi beragama.

"Maka tujuan moderasi ini adalah mencegah sikap dan praktek paham-paham keagamaan yang seakan-akan hanya agamanya yang paling benar. Memang, kita di Katolik masih belum terdapat, namun justru yang terjadi dengan kita adalah gesekan antara umat," ujarnya.

Lebih lanut, KTU Kantor Kemenag Kabupaten Nias Robert Arozatulo Zebua menyampaikan terimakasih kepada Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara melalui Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) pembimas Sumatra Utara yang masih memberi kesempatan untuk mengadakan pelatihan dalam Kelompok Kerja Guru (KKG).

"Artinya bahwa Kakanwil melalui pembimmas terus memberikan perhatian bagi kita dan ada komitmen untuk terus membangun melalui pelatihan dan kompetensi bapak dan ibu guru," katanya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar