Sepekan Jelang Puncak Haji, 12 Orang Jemaah Haji Kota Gunungsitoli Dalam Kondisi Sehat

Jemaah haji asal kota Gunungsitoli pada saat berada di Asrama haji Medan sesaat sebelum berangkat ke tanah suci Mekkah

KBRN,Gunungsitoli: Kepala kantor kementerian agama kota Gunungsitoli Dr.H.Hayatsyah mengatakan bahwa kondisi kesehatan Jemaah Haji Asal Kota Gunungsitoli dalam keadaan sehat di tanah suci Mekkah. 12 orang jemaah haji kota Gunungsitoli siap mengikuti ibadah puncak haji  di Arafah, Muzdalifah dan Mina.

" Alhamdulillah kondisi jemaah haji asal kota Gunungsitoli sebanyak 12 orang dalam kondisi sehat. Informasi ini kita dapatkan dari pendamping haji asal Sumatera Utara yang saat ini mendampingi jamaah haji di Mekah " Ujarnya (Sabtu/2/7/2022).

Kapala Kemenag mengatakan bahwa sebelum berangkat, dirinya selalu mengingatkan kepada jemaah haji agar tetap menjaga kesehatan dan memperbanyak makan buah dan minum air zam zam, mengingat saat ini suhu panas di Arab Saudi mencapai 42 derajat Celcius.

Kakanmenag juga menambahkan, sejak tiba di tanah suci Mekkah pada tanggal 20 Juni 2022 yang lalu, jemaah haji asal kota Gunungsitoli yang tergabung dalam kloter 9 Embarkasi Medan tengah fokus melaksanakan kegiatan ibadah shalat wajib dan sunah, termasuk mengunjungi makam bersejarah.

Untuk diketahui bersama, Arab Saudi telah menetapkan hari Arafah yakni wukuf sebagai rukun dan puncak haji 9 Dzulhijjah 1443 jatuh pada hari Jumat 8 Juli 2022. 

Penetapan tanggal ini berbeda satu hari dibandingkan pemerintah Indonesia. dimana berdasarkan sidang Isbat pada Rabu (29/6/2022) kementerian agama RI menetapkan 1 Dzulhijjah yakni pada 1 Juli 2022. Dengan demikian, Idul Adha 1443 H jatuh pada Minggu 10 Juli 2022.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar