Wakil Bupati Nias Buka Kegiatan Advokasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Tahun 2022

Wakil Bupati Nias Arota Lase saat membuka acara Advokasi Germas 2022 kab.Nias. (Sumber ft HRM)

KBRN,Gunungsitoli : Wakil Bupati Nias Arota Lase membuka secara langsung pelaksanaan pertemuan advokasi Gerakan Masyarakat (GERMAS) Hidup Sehat Tahun 2022, yang di laksanakan di Aula Paroki Kristus Raja Kecamatan Gido. Turut hadir Asisten Pemerintah Kabupaten Nias, Plt. Kadis Dinkes Kabupaten Nias, Kadis Pendidikan Kabupaten Nias, Sekdis PUPR Kabupaten Nias, kepala kementeran Agama Kabupaten Nias, Camat se- Kabupaten Nias dan kepala UPTD Puskesmas Se-Kabupaten Nias.

Pelaksanaan Advokasi GERMAS atau Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di Kabupaten Nias tahun 2022, sesuai dengan Instruksi Presiden No : 01 tahun 2017 yang mengamanatkan kepada seluruh Menteri, Kepala Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Gubernur dan Bupati / Walikota. Dan juga sesuai keputusan Bupati Nias No : 441/86/K/2022, Tanggal 28 Maret 2022 tentang pembentukan Tim Koordinasi Gerakan Masyarakat (GERMAS) Hidup Sehat.

Wakil Bupati Nias Arota Lase, A.Md mengatakan bahwa GERMAS adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan Budaya Hidup Sehat. Dengan cara meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan bagi setiap orang untuk selalu hidup sehat, agar derajat kesehatan masyarakat dapat terwujud.  “ seperti kita ketahui bersama, selama pandemi Covid-19, tanpa kita sadari masyarakat telah banyak diarahkan untuk melakukan / membudayakan GERMAS Hidup sehat melalui penerapan protokol kesehatan yang ketat,” Ujarnya Wabub Nias

Dilanjutkan Wabub Nias, terdapat 7 langkah dalam membiasakan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari melalui GERMAS hidup sehat yakni, melakukan aktivitas fisik, makan buah dan sayur, tidak merokok, tidak mengkonsumsi minuman beralkohol, Kemelakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala, menjaga kebersihan lingkungan, dan menggunakan jamban.

Yang bertidak sebagai narsumber pada kegiatan tersebut  yakni Meidriani Ayu Siregar, S.Psi.M.Kes dan Mega Karyati, SKM, M.Kes dari Dinas kesehatan Provinsi Sumatera Utara.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar