Tingkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat, Pemkab Nias Kembali Launching Program Inovasi “Payung Alakkia”

Foto Kadis Dukcapil Kab.Nias Tehesokhi Hulu saat menyerahkan program SAMATI di rumah duka di kec.Idanogawo

KBRN,Gunungsitoli : Pemerintah Kabupaten Nias melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nias kembali meluncurkan program pelayanan langsung akta lahir, kartu keluarga dan identitas anak (PAYUNG ALAKKIA).

Menurut keterangan dari Plt.Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nias Tehesokhi Hulu kepada RRI.co.id mengatakan bahwa program inovasi Payung Alakkia ini merupakan program pro rakyat, dimana pihak petugas Dukcapil kabupaten Nias langsung menyerahkan akta lahir anak yang baru lahir di Rumah Sakit, Puskesmas maupun Klik di kabupaten Nias.

Tehesokhi Hulu menjelaskan, untuk penyerahan akta perdana telah diserahkan kepada Waldo Samohaga Mendrofa anak pasangan suami/isteri Darman Mendrofa/Yatima Zebua penduduk desa Fulolo Lalai yang lahir tanggal 23/06/2022 di Puskesmas Botombawo, Kecamatan Hiliserangkai.

" Atas izin Tuhan dan arahan Bapak Bupati Nias, kembali kita luncurkan satu lagi program yang bersentuhan dengan masyarakat yakni program pelayanan langsung akta lahir, kartu keluarga dan kartu identias anak (KIA). Penyerahan perdana telah kita serahkan hari ini di kecamatan Hiliserangkai " Ujarnya (Selasa/28/6/2022).

Lebih lanjut dijelaskan Tehesokhi Hulu, program pelayanan ini merupakan komitmen dari pemerintah kabupaten Nias dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan sekaligus memudahkan masyarakat mendapatkan dokumen kependudukan.

Sebelumnya pemerintah kabupaten Nias telah meluncurkan program SAMATI dan juga pelayanan KABARI. Kedua Program ini mendapat respons positif dari masyarakat kabupaten Nias.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar