Permudah Pengurusan Dokumen Kependudukan, Ini Yang Dilakukan Dukcapil Kabupaten Nias

KBRN,Gunungsitoli : Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Nias terus berbenah meningkatkan kualitas pelayanan prima kepada masyarakat di kabupaten Nias.

Plt. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nias Tehesokhi Hulu kepada RRI.Co.id mengatakan bahwa dalam meningkatkan pelayanan dokumen kependudukan kepada masyarakat, pemerintah daerah melalui Ducapil terus membuat Inovasi. Hal ini sebagai upaya meingkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan agar semakin mudah dan cepat.

Baru baru ini jelas Tehesokhi Hulu, sejumlah program inovasi pelayanan dokumen telah di luncurkan seperti pelayanan SAMATI (Saat Melayat Menyerahkan Akta Kematian) dan Pelayanan Program KABARI (Nikah Bahagia Akta Diterima). Kedua program ini telah berlangsung dan mendapat respon positif dari masyarakat.

“Inovasi ini demi meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan agar semakin mudah dan cepat kepada masyarakat. Komitmen kami selagi itu bisa dipercepat kenapa harus diperlambat, dan kalau sudah bisa dipercepat tentu akan kami pertahankan”Ujarnya (Selasa/24/5/2022).

Dilanjutkan Plt Kadis Dukcapil Kabupaten Nias, Bupati Nias juga telah menginstruksikan agar terus meningkatkan pelayanan dalam pembuatan dokumen pribadi seperti KTP Elektronik, Kartu Keluarga (KK), akta kelahiran, dan akta kematian serta sejumlah kepengurusan dokumen yang lainnya di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Nias.

Selain focus pada pelayanan perekeman KTP elektronik, pelayanan urusan pencatatan pendaftaran penduduk dan pelayanan pencatatan sipil, pihaknya juga tengah focus dalam pelayanan langsung di lapangan, sperti perekaman KTP elektronik bagi masyarakat disabilitas dan juga juga perekaman kartu identitas anak (KIA) untuk usia anak di bawah 17 tahun.

Tehesokhi Hulu juga menambahkan bahwa secara internal pihaknya terus mengevaluasi seberapa jauh ketepatan dan kepuasan pelayanan sekaligus antisipasi kendala bersama bawahan yang terlibat dalam pelayanan. Sehingga dari evaluasi tersebut menjadi acuan untuk terus meningkatkan pelayanan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil di 10 kecamatan dan 170 desa Se-Kabupaten Nias. (Bobi R)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar