Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nias Serahkan Akta Kematian Dalam Program SAMATI

Wakil ketua DPRD kabupaten Nias Sabayuti Gulo saat menyerahkan akta Kematian dinrumah duka di kecamatan Gido

KBRN,Gunungsitoli: Program penyerahan Akta kematian bagi masyarakat kabupaten Nias terus berlanjut hingga saat ini. Program pemerintah kabupaten Nias melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nias mendapat respons positif dari masyarakat.

Kali ini Tim petugas Dukcapil kabupaten Nias kembali menyerahkan dokumen akta Kematian di kecamatan Sogaeadu dan juga di kecamatan Gido. Wakil ketua DPRD kabupaten Nias Sabayuti Gulo menyerahkan secara langsung dokumen akta Kematian kepada keluarga duka Juliman Zai di desa Hiliotalua kecamatan Gido kabupaten Nias.

Menurut keterangan dari kepala dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten Nias Tehesokhi Hulu kepada RRI.co.id mengatakan bahwa penyerahan dokumen akta Kematian yang diantar langsung ke rumah duka merupakan salah satu program Inovasi dari pemerintah kabupaten Nias dalam mempercepat dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

" Komitmen pemerintah kabupaten Nias dalam meningkatkan pelayanan kepengurusan dokumen kependudukan terus di gencarkan. Bapak Bupati Nias telah menginstruksikan agar pelayanan kependudukan seperti pengurusan dokumen dapat selesai tanpa harus menunggu lama. Salah satu inovasi percepatan pelayanan kepada masyarakat yakni peluncuran program saat melayat menyerahkan akta kematian " Ujarnya (Sabtu/21/5/2022).

Selain program penyerahan akte kematian, dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten Nias juga telah meluncurkan program penyerahan akte pernikahan kepada keluarga yang sedang melangsungkan pesta pernikahan. Dokumen Akta pernikahan ini diserahkan secara langsung di lokasi pesta pernikahan.

" Untuk itu kita menghimbau kepada masyarakat di wilayah kabupaten Nias, agar segera melaporkan anggota keluarganya yang meninggal dunia maupun yang akan melangsungkan pesta pernikahan. Sehingga kita dari Dukcapil kabupaten Nias segera menerbitkan akta kematian maupun akta pernikahan dan langsung kita serahkan kepada perwakilan keluarga" Jelasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar