Lantik PPIH Embarkasi Medan, Direktur Dana Haji Tekankan Pelayanan Maksimal Di Sumut

Pelantikan petugas penyelengaraan ibadah haji Embarkasi Medan (Sumber ft Humas Kemenag Sumut)

KBRN,Gunungsitoli: Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama Republik Indonesia diwakili Direktur Pengelolaan Dana Haji dan SIHDU Drs. H. Jaja Jaelani, MM melantik Petugas Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi/Debarkasi Medan Tahun 1443 H/2022 M, Selasa (17/05/2022) di Aula Tengku Rizal Nurdin Medan.

Direktur Pengelolaan Dana Haji dan SIHDU dalam sambutannya mengatakan bahwa PPIH harus bekerja keras dan memberikan pelayanan terbaik agar jemaah haji dapat melaksanakan ibadah haji dengan aman dan nyaman.

“Saya meminta kepada kita semua untuk bekerja keras. Sudah dua tahun terakhir kita tidak berangkat haji. Alhamdulillah tahun ini Kerajaan Arab Saudi membuka kembali untuk dapat dilaksanakannya ibadah Haji bagi negara luar. Maka dari itu, kita harus memaksimalkan tugas ini sehingga jemaah haji kita dapat melaksanakan ibadahnya dengan aman dan nyaman,” ungkap Jaja Jaelani dilansir dari Humas Kemenag Sumut.

Jaja Jaelani juga meminta kepada PPIH dan bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kanwil Kemenagsu untuk selalu menyosialisasikan kepada masyarakat terkait adanya perubahan aturan dan teknis terkait pelaksanaan ibadah haji. Adanya perubahan tersebut menurut Jaja adalah mengikuti regulasi dan aturan yang diberlakukan Arab Saudi.

“Tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya saat sebelum adanya Covid-19. Maka dari itu, saya meminta untuk aktif menyosialisasikan kepada masyarakat dan tanggap dengan adanya perubahan yang diberlakukan oleh Kerajaan Arab Saudi,” lanjut Jaja.

Jaja Jaelani berharap PPIH Embarkasi Medan bekerja dengan baik karena tugas tersebut adalah tugas nasional.

“Bekerjalah dengan maksimal karena ini merupakan tugas negara. Pelayanan di embarkasi harus maksimal sehingga kesan baik dapat terwujud. Pelayanan di embarkasi merupakan cerminan kualitas pelayanan haji di tanah air. Sumatera Utara dikenal dengan pelayanan terbaik, semoga predikat tersebut juga dapat diraih pada penyelenggaraan haji tahun ini,” ungkap Direktur PDH dan SIHDU.

Sementara itu Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Drs. H. Abd. Amri Siregar, M. Ag yang dilantik menjadi Ketua PPIH Embarkasi Medan 1443 H/2022 M dalam sambutannya menjelaskan beberapa kondisi dan keadaan persiapan ibadah Haji Sumatera Utara.

“Jemaah haji Sumatera Utara Reguler tahun ini berjumlah 3777 orang. Jumlah PPIH Kloter berjumlah 20 orang terdiri dari TPHI 10 orang dan TPIHI 10 orang. Kemudian petugas kesehatan 20 orang, pembimbing KBIH 5 orang, dan Petugas Haji Daerah sebanyak 20 orang,” kata Kakanwil.

Kakanwil juga mengatakan sampai saat ini jemaah reguler yang sudah melunasi berjumlah 3397 jemaah dan yang belum lunas sebanyak 405 jemaah. Kakanwil Kemenagsu mengimbau kepada jemaah untuk melakukan pelunasan dengan waktu sampai 20 Mei 2022.

Kakanwil Kemenagsu juga mengatakan bahwa persyaratan berangkat haji tahun ini adalah Vaksin Meningits dan vaksin covid-19 minimal 2 dosis. Kemudian melakukan PCR 72 jam sebelum keberangkatan.

" Kami juga memastikan Asrama Haji Medan siap secara teknis dan non-teknis. Asrama Haji Medan sudah menentukan operasional jemaah haji sebelum keberangkatan " Jelasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar