Kasatpol PP Nias Utara: Peran Linmas Sangat Strategis Dalam Membantu Tanggap Darurat Bencana Di Desa

Foto Kasatpol PP Nias Utara Emala Zebua,SH

KBRN, Gunungsitoli : Pemerintah Kabupaten Nias Utara melalui Satuan Polisi Pamong Praja berdayakan tenaga Perlindungan Masyarakat ketika Terjadi Bencana Alam.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Nias Utara Emala Zebua SH mengatakan, Sesuai Perdaturan Menteri Dalam Negeri  Nomor 26 tahun 2020, Pasal 8 bahwa pemerintah daerah dan kepala desa harus menyelenggarakan Linmas.

Linmas tersebut telah di tugaskan oleh Pemerintah daerah melalui Satpol PP kabupaten Nias Utara sebanyak 2 orang di setiap desa. Linmas selain melakukan pengamanan  di desa juga ikut serta dalam membantu masyarakat ketika tanggap darurat bencana.

" Tugas yang akan di lakukan oleh Linmas yakni, mengevakuasi korban bencana serta menyelamatkan barang-barang masyarakat, sehingga dapat mendukung kegiatan Pemerintah utamanya BPBD ketika terjadi bencana alam seperti kebakaran, longsor, banjir, gempa bumi dan bencana lainnya," Ujar, Emala.

Kegiatan linmas dalam tanggap darurat bencana ini, sudah berjalan dengan maksimal, karena tahun 20221 lalu kabupaten Nias Utara dilanda oleh banjir dan petugas Linmas sudah iku ambil bagian untuk membantu masyarakat. (MN)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar