Dinas Damkar Gunungsitoli Beri Tips Cegah Kebakaran Rumah Saat DiTinggal

KBRN, Gunungsitoli: Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Gunungsitoli memberikan sejumlah tips kepada masyarakat untuk mencegah kebakaran rumah saat sedang melaksanakan mudik Lebaran 2022.

"Pencegahan kebakaran saat rumah ditinggal mudik antaralain dengan mematikan seluruh peralatan elektronik, mencabut seluruh steker/ colokan dari stop kontak, mematikan kompor dan melepas regulator tabung gas, bisa juga dengan memberikan nomor telepon anda kepada tetangga terdekat, memberitahu ke tetangga bahwa anda mudik beberapa hari, dan yang tidak kalah penting adaah selau menyimpan nomor darurat Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Gunungsitoli," jelas Krisman Torozisokhi Daeli ST Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Gunungsitoli.

Pemicu terjadinya kebakaran, paling banyak berusumber dari listrik dan gas. "Pastikan regulator tabung gas itu dicabut. Jangan sampai dalam kondisi terpasang di kompor, karena ditakutkan akan terjadi kebocoran gas yang memicu terjadinya kebakaran," ungkap Krisman.

Selain itu, ia juga mengimbau masyarakat yang menghabiskan akhir pekan untuk libur meninggal rumah untuk berkoordinasi dengan pengurus lingkungan sekitar apabila memang meninggalkan rumah dalam waktu yang lama.

"Kalau dilaporkan ke pengurus lingkungan, tentu rumah yang melapor akan di kontrol, ada yang mencurigakan atau enggak. Jadi akan lebih aman bila dipantau," tutup Krisman.(Ida)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar