Sebanyak 8 Desa Di Gunungsitoli Telah Diklarasikan Sebagai Desa Bersih Narkoba

KBRN,Gunungsitoli: BNNK kota Gunungsitoli terus berupaya dalam mencegah dan memberantas narkoba dengan melakukan upaya Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di wilayah kepulauan Nias. pihak BNNK Gunungsitoli saat ini tengah fokus dalam pembentukan Desa Bersinar (desa bersih dari narkoba).

Menurut keterangan yang disampaikan kepala BNNK Gunungsitoli Kompol Arifeli Zega,SH,MM kepada RRI.co.id mengatakan bahwa hingga memasuki pertengan tahun 2022 ini, BNN Gunungsitoli telah membentuk 8 Desa bersih dari narkoba.

Dikatakannya, tujuan pembentukan Desa Bersinar untuk mendorong upaya P4GN hingga ketingkat desa dan kelurahan dengan melibatkan aparatur pemerintah dan masyarakat di desa maupun kelurahan setempat. Pada program Desa Bersinar ini, dilaksanakan kegiatan pencegahan dan pemberdayaan masyarakat, serta rehabilitasi pecandu atau pengguna narkoba. Untuk rehabilitasi yang dilaksanakan pada Desa Bersinar ini dilakukan melalui program IBM atau Intervensi Berbasis Masyarakat.

“ hingga saat ini sudah 8 desa yang sudah kita bentuk desa bersinar di kota Gunungsitoli. kita berharap dengan adanya desa Bersinar ini dapat membangun kesadaran masyarakat terhadap peredaran narkotika yang semakin mengkhawatirkan di lingkungan masyarakat ” Ujarnya (Minggu/15/5/2022).

Dilanjutkan kepala BNNK Gunungsitoli, secara bertahap, kedepannya akan terus dibentuk desa bersinar (Bersih dari narkoba) di wilayah ini. menurutnya, pembentukan ini salah satu perpanjangan tangan BNN di setiap desa.

“ kita akan terus meningkatkan jumlah desa bersinar. munculnya desa-desa lainnya akan berperan serta melakukan kegiatan yang serupa dengan desa yang sudah dibentuk menjadi desa bersinar, sehingga masyarakatnya bebas dari ancaman bahaya narkotika ” Katanya.

Selain membentuk desa “Bersinar” ditambahkan kepala BNNK Gunungsitoli, pihaknya terus menggalang peran masyarakat, lingkungan pendidikan, pegawai swasta serta pihak lainnya untuk berpartisipasi aktif menjadi relawan anti narkoba dilingkungannya masing masing. (Bobi R)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar