Pemkab Nias Selatan Laksanakan Orientasi Penyusunan RKPD dan Renja Perangkat Daerah Tahun 2023

KBRN, Nias Selatan: Menindaklanjuti pasal 73 dan pasal 125 Permendagri nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara Perencanaan, Pengendalian, dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah tentang rencana pembangunan daerah jangka panjang dan menengah, Tata cara perubahan rencana pembangunan jangka panjang dan menengah, Rencana Kerja Pemerintah Daerah yang menyatakan bahwa persiapan penyusunan RKPD mencakup orientasi mengenai RKPD dan Orientasi mengenai Renja Perangkat Daerah Tahun 2023. 

Bupati Nisel, Dr. Hilarius Duha, SH.,MH., sangat apresiasi kepada Kepala Bappeda, Abdiel Sonasa Amazihono, SSTP, M.Ec. Dev. Atas pelaksanaan Orientasi Penyusunan RKPD dan Renja Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Nias Selatan Tahun 2023 di Aula Kantor Bappeda Kabupaten Nias Selatan.

Bupati Nisel, Dr. Hilarius Duha, SH., MH., menyampaikan kepada kepala OPD dan Camat yang hadir untuk saling berkerjasama dan saling membantu dalam memajukan pembangunan daerah di Kabupaten Nias Selatan sesuai aturan yang berlaku sehingga  pembangunan daerah dapat tepat sasaran dalam pengelolaan anggaran daerah yang ada.

"Dan kepada masing-masing perangkat daerah harus dapat memikirikan bagaimana cara meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Nias Selatan dari penyerapan Anggaran Daerah, yang bermanfaat membantu perekonomian masyarakat di masa pandemic dengan keterbatasan anggaran yang dimiliki", Ujarnya (27/01/2022).

Lebih lanjut, menurut Kepala Bappeda, Abdiel Sonasa Amazihono, SSTP, M.Ec. Dev  tujuan orientasi ini adalah untuk penyamaan persepsi dan memberikan pemahaman terhadap berbagai peraturan perundang-undangan.

“Perencanaan pembangunan Nasional dan pembangunan Daerah, serta keterkaitannya dengan dokumen perencanaan lainnya, teknis penyusunan dokumen, dan menganalisis serta menginterprestasikan data dan Informasi perencanaan pembangunan daerah yang diperlukan dalam menyusun dokumen perencanaan pembangunan Daerah tersebut,” ujarnya.

Sementara itu dalam paparan materi yang disampaikan oleh Pejabat Perencana Bappeda, Albert Sifaodododa Dakhi, S.Kom, diharapkan supaya penyampaian RENJA OPD tepat waktu, meningkatkan kualitas dokumen RENJA OPD, Program Kegiatan dan Sub Kegiatan selaras dan sejalan dengan target capaian kinerja daerah, dan tersedianya target dan realisasi indikator capaian kinerja Daerah dan OPD.

Turut hadir pad acara tersebut  Sekretaris Daerah, Ir. Ikhtiar Duha MM., Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan Dan SDM, Setao Amazihono, S. Pi., MM., Plt. Asisten  Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Erlina Harefa, S.Kom, M.I.P, Kepala OPD Kabupaten Nias Selatan dan Camat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar