Profesionalitas Dalam Pengelolaan PTKIS Guna Meningkatkan Kualitas Akademik Yang Kompetitif

KBRN, Gunungsitoli: Rapat Koordinasi Kegiatan Sinergitas dan Harmonisasi Yayasan dengan Pengelola Perguruan Tinggi Keagamaan Islam PTKIS di Singapore Land, Kabupaten Batubara Sumatera Utara, bertujuan untuk meningkatkan sinergitas antar Perguruan Tinggi Islam Swasta dengan Yayasan dan pengelola serta Pemerintah Daerah untuk meningkatkan kualitas akademik yang komperatif.

“STAI Nias menjadi salahsatu diantara empat puluh dua Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta se-Sumatera Utara beserta Kepala Yayasan dan Pengelola. Kita bersyukur dapat mengikuti kegiatan ini karena diharapkan akan dapat meningkatkan sinergitas antar Perguruan Tinggi Islam Swasta dengan Yayasan dan pengelola serta Pemerintah Daerah untuk meningkatkan kualitas akademik yang komperatif,” ujar Ketua STAI Nias Dr. M. Abdi Lubis, M.Si saat menanggapi keikutsertaan pada kegiatan tersebut, Kamis (27/01/2022).   

Salah satu informasi yang diperoleh dari kegiatan tersebut yakni sangat urgen peran Yayasan dalam pengelolahan PTKIS. “Pihak yayasan sudah sepatutnya menyiapkan semua sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh PTKIS, dalam hal ini STAI NIAS,” kata Abdi Lubis.

Selain itu, untuk menjaga profesionalitas dalam pengelolaan PTKIS maka yayasan tidak boleh ikut terlibat di dalam struktur PTKIS tersebut sesuai dengan Surat Edaran No 3 Tahun 2021 tentang Larangan Rangkap Jabatan Organ Yayasan dalam Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi.

Secara umum juga tentunya, yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah akreditasi perguruan tinggi yang dikelola, semua sangat diperlukan demi kemajuan perguruan tinggi tersebut.

“Kegiatan ini tentunya akan menjadi motivasi bagi pihak kita (STAI Nias) untuk lebih memajukan Pendidikan Islam menjadi lebih baik lagi,” tutup Abdi Lubis. IDA

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar