BPN Nias Serahkan 1.881 Sertfikat Tanah Program Strategis Nasional Kepada Pemkab Nias Utara

Foto kepala BPN Nias Mahyu Danil pada saat menyerahkan secara simbolis sertfikat tanah kepada Wabub Nias Utara

KBRN,Gunungsitoli : Kepala kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Nias kembali menyerahkan sertfifikat tanah bagi masyarakat kabupaten Nias Utara. Penyerahan secara simbolis tersebut dilaksanakan di ruang pertemuan kantor Bupati Nias Utara kecamatan Lotu Kabupaten Nias Utara, yang diterima secara simbolis oleh Wakil Bupati Nias Utara, (Rabu/26/1/2022).

Kepala kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) kabupaten Nias Mahyu Danil di sela sela penyerahan sertifikat kepada RRI.co.id mengatakan bahwa sertfikat yang diserahkan pada hari ini merupakan sertifikat yang telah berhasil di selesaikan pihak BPN Nias tahun 2021 dalam program Strategis Nasional.

Adapun jumlah sertifikat yang diserahkan dalam program startegis nasional yang diserahkan sebanyak 1.881 sertfikat terdiri dari PTSL sebanyak 1.785 sertifikat, dan sertfikat aset pemerintah kabupaten Nias sebanyak 96 sertfikat.

“ sertifikat yang kita diserahkan hari ini sebanyak 1.881 sertfikat terdiri dari PTSL sebanyak 1.785 sertifikat, dan sertfikat aset pemerintah kabupaten Nias sebanyak 96 sertfikat. program Strategis Nasional yang berhasil kita selesaikan akhir tahun 2021, namun baru kita serahkan awal januari 2022 ini ” Ujarnya.

Lebih lanjut di katakan Danil Program Strategis Nasional tahun anggaran 2022 pada kantor pertanahan nasional terdiri dari PTSL sebanyak 24.000 bidang tanah yang direncanakan akan di alokasikan untuk wilayah kabupaten Nias utara sebanyak 6.000 bidang, sedangkan target retribusi tanah sebanyak 5.000 bidang dan direncanakan akan di alokasikan untuk wilayah kabupaten Nias Utara sebanyak 2.000 bidang.

“ kami dari BPN Nias sangat mengharapkan dukungan kerjasama dari semua pihak untuk mensukseskan target kurang lebih 8.000 bidang yang di alokasikan di wilayah kabupaten Nias Utara pada tahun 2022 ” Katanya.

Mahyu juga menyampaikan apresiasi kepada dukungan dari pemerintah kabupaten Nias Utara, sehingga program Strategis Nasional dapat berlangsung lancar. Salah satu dukungan penuh yang diberikan pemerintah daerah Nias Utara yakni dengan terbitnya peraturan Bupati Nias Utara nomor 48 tahun 2021 tentang pemberian pengurangan BPHTB kabupupaten Nias Utara. Dalam keputusan tersebit pemkab Nias Utara telah mensubsidi BPHTB sebesar 100 persen.

Mahyu Danil juga menambahkan bahwa dengan adanya sertfikat tanah berarti status kepemilikan tanah sudah jelas. Lebih dari itu sertfikat ini juga bernilai guna sebagai modal bagi masyarakat untuk membuka usaha baru guna meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat. (Bobi R)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar