Warga Desa Maliwa'a Senang Mendapatkan Air Bersih Melalui Program Peduli TNI

KBRN,Gunungsitoli : Masyarakat di desa Maliwa'a kecamatan Idanogawo kabupaten Nias sangat bersyukur telah mendapatkan air bersih melalui program serbuan teritorial pembuatan sumur bor air bersih oleh prajurit TNI Kodim 0213/Nias.

Salah seorang warga desa Maliwa'a kecamatan Idanogawo kabupaten Nias Ibu Bungo Ami Gea merasa senang mendapatkan air bersih dekat pekarangan rumahnya setelah berhasil dilakukan pengeboran pihak personil TNI.

" Sangat senang bisa menampung air bersih dari Sumut bor ini. Selama ini kami sangat susah mendapatkan air bersih. Terimakasih untuk bapak TNI yang telah peduli dengan kami " Ujarnya.

Sementara itu kepala Desa Maliwa’a Adilwan Gea, S.Pd mengatakan bahwa ada sepuluh desa di kecamatan Idanogawo sangat kesulitan air bersih, dan warga selama ini mengunakan air hujan dengan membuat bak penampungan, sumur gali dan juga menggunakan air sungai dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“ Khusnya kami di Kecamatan Idanogawo ada sepuluh desa yang sangat kekurangan air, kami kebanyakan mengharapkan air hujan dengan membuat penampungan dan sumur gali. selain mengharapkan air hujan kita melakukan galian di pinggir sungai untuk kebutuhan rumah tangga " Jelas Kades Maliwa'a.

Dengan adanya Serbuan Terirotial Sumur Bor Air bersih dari Kodim 0213/Nias ungkap Kades, masyarakat mendapatkan air. 

" Sekarang tidak susah lagi warga mencari air minum, air cucian dan kebutuhan lainya yang bisa bermanfaat bagi masyarakat dan Ini benar-benar gratis yang dibuat oleh Kodim 0213/Nias. Selaku Pemerintah desa dan juga warga di sini menyampaikan terimakasih atas kepedulian pak Dandim Nias " Katanya

Sementara itu Komandan Kodim 0213/Nias Letkol Int.Martky Jaya Perangin Angin kepada RRI.co.id mengatakan bahwa pembuatan sumur bor air bersih ini bertujuan untuk membantu mengatasi kesulitan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan air bersih diwilayah Kodim 0213/Nias, khususnya di Wilayah Kabupaten Nias Kecamatan Idanogawo.

Sejumlah titik pembuatan sumur bor air bersih telah berhasil dan bahkan telah diterima dan dimanfaatkan warga. pengeboran ini juga bukan hanya fokus pada lingkungan keluarga dan bahkan di tempat rumah ibadah, sekolah.

 "Target kita sebanyak 100 titik. dan kita prioritaskan pembuatan sumur bor ini di wilayah yang kesulitan air bersih, salah satunya di Desa Maliwa'a kecamatan Idanogawo " Ungkap Dandim (Sabtu/22/1/2022)

Untuk itu Komandan Kodim 0213/Nias berharap kepada masyarakat agar memanfaatkan dan merawat sumur bor tersebut untuk keperluan rumah tangga. (Bobi R)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar