Bidang Penataan dan Penaatan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Melakukan Pengawasan di Lokasi Usaha yang ada di Kota Gunungsitoli

Kepala Bidang Bidang Penataan dan Penaatan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup DLH Kota Gunungsitoli
KBRN, Gunungsitoli: Pengawasan lingkungan hidup adalah kegiatan  yang dilaksanakan secara langsung atau tidak langsung oleh Bidang Penataan, Penaatan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.  Pengawasan lingkungan Hidup bertujuan untuk memantau, mengevaluasi dan menetapkan status ketaatan Penanggung jawab usaha dan atau kegiatan terhadap Peraturan Perundang-undangan dibidang pengendalian pencemaran dan perusakan lingkungan hidup, Perijinan yang terkait dengan pengendalian pencemaran dan perusakan lingkungan hidup serta Kewajiban pengelolaan dan pemantauan lingkungan yang tercantum dalam Izin Lingkungan/Dokumen Lingkungan (AMDAL atau UKL-UPL).

Sasaran Pengawasan lingkungan Hidup adalah mendapatkan data dan informasi berupa fakta-fakta yang menggambarkan kinerja atau status ketaatan suatu usaha dan/atau kegiatan terhadap peraturan perundang-undangan dibidang pengendalian pencemaran lingkungan  dan/atau kerusakan lingkungan, serta perizinan yang terkait.

“Melalui bidang P4LH, maka menjelang akhir tahun 2021, kita pastinya terus focus mengawasi pengelolaan dan pemantauan lingkungan ini sebagai bentuk komitmen dari para pengusaha yang ada di Kota Gunungsitoli. Yang jelas kita melaksanakan pengawasan ini kepada pihak-pihak terkait tersebut dengan dasar usaha atau kegiatan yang telah memiliki dokumen lingkungan hidup,” ujar Kepala Bidang P4LH Dinas Lingkungan Hidup Kota Gunungsitoli Asa aro Telaumbanua, Senin (06/12/2021).

Pada dasarnya pengawasan lingkungan dilaksanakan guna mengetahui tingkat ketaatan pemrakarsa usaha  atau kegiatan terhadap peraturan lingkungan Hidup.

“Oleh karena itu Pemerintah kota Gunungsitoli dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup terus berkomitmen menjalankan pengawasan lingkungan agar lingkungan yang bersih dan lestari dapat terwujud,” tutup Asa Aro.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar