Ini Sejarah Berdirinya KORPRI

foto Ilustrasi

KBRN,Gunungsitoli : Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) didirikan pada 29 November 1971 berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 82.

Keppres tersebut muncul pada awal era Orde Baru, yang dilaksanakan penataan kembali pegawai negeri yang merujuk KORPRI sebagai satu-satunya wadah untuk menghimpun dan membina seluruh pegawai RI di luar kedinasan.

Tujuan pembentukannya Korps Pegawai Republik Indonesia adalah agar Pegawai Negeri RI ikut memelihara dan memantapkan stabilitas politik dan sosial yang dinamis dalam negara Indonesia.

Upaya penataan kembali ini atas dasar terjadinya penyalahgunaan kekuasaan dan menjadi alat politik dari partai-partai berkuasa oleh para pengawai negeri sebelum era Orde Baru.

Namun saat Orde Baru, KORPRI menjadi alat politik kembali. UU No.3 Th.1975 tentang Partai Politik dan Golongan Karya serta Peraturan Pemerintah No.20 Th.1976 tentang Keanggotaan PNS dalam Partai Politik, semakin memperkuat fungsi KORPRI untuk memperkuat partai.

Sehingga setiap kali terjadi birokrasi, KORPRI selalu memihak kepada salah satu partai dan wajib menyalurkan aspirasi politiknya ke partai tertentu di setiap Musyawarah Nasional KORPRI.

Saat era reformasi, KORPRI bertekad untuk netral dan tidak lagi menjadi alat politik. Dengan ini, KORPRI berorientasi pada tugas, pelayanan, dan selalu senantiasa berpegang teguh pada profesionalisme dan senantiasa berpgeang teguh pada Panca Prasetya KORPRI.

Panca Prasetya KORPRI

1. Setia dan taat kepada Negara Kesatuan dan Pemerintah Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasia dan Undang-undang Dasar 1945;

2. Menjunjung tinggi kehormatan Bangsa dan Negara, serta memegang teguh rahasia jabatan dan rahasia negara;

3. Mengutamakan kepentingan Negara dan Masyarakat diatas kepentingan pribadi dan golongan;

4. Bertekad terus memelihara persatuan dan kesatuan Bangsa serta kesetiakawanan Korps Pegawai Republik Indonesia.

5. Berjuang dengan jujur menegakkan keadilan, meningkatkan kesejahteraan dan profesionalisme.

Tema HUT KORPRI ke-50 tahun 2021 adalah "ASN Bersatu. KORPRI Tumbuh, Indonesia Tangguh.

(Sumber KBRN Pusat)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar