Pemkab Nisel Menggelar Sosialisasi Peredaran Barang Kena Cukai Ilegal

KBRN, Nias Selatan: Pemerintah Kabupaten Nias Selatan melaksanakan sosialisasi Peraturan Perundang-undangan dibidang Cukai hasil tembakau di Sekretariat Daerah Kabupaten Nias Selatan.

Untuk memperluas penyebaran informasi sosialisasi tersebut, dilanjutkan pelaksanaan dialog interaktif dalam studio RRI Nias Selatan dengan menghandirkan narasumber dari Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Type Media Pabean C Sibolga.

Pemeriksa Bea dan Cukai Pertama Ilham Effendie mengatakan hampir empat puluh persen wilayah Sumatera Utara dibawah pengawasan Kantor Bea Cukai sibolga termasuk Kepulauan Nias.

"Ada 4 tugas fungsi Bea dan Cukai yakni Industrial Asisten yang berfungsi untuk pendampingan, Track Fasilitator untuk fasilitas perdagangan, kemudahan pelayanan kepabeanan bagi pedagang Internasional, Komuniti Protektor untuk perlindungan kepada masyarakat dari barang-barang ilegal salah satunya perlindungan rokok ilegal, dan yang terakhir adalah Refeni Kolektor yang berfungsi memungut penerimaan Negara," ujarnya Rabu (24/11/2021).

Ilham Effendie berharap kepada seluruh masyarakat untuk mendukung pemerintah Kabupaten Nias Selatan dalam memberantas barang kena cukai ilegal khususnya memberantas rokok ilegal.

Sementara itu, Pemeriksa Bea dan Cukai Pelaksana Lanjutan Bonus Doddy Putratama mengatakan pihaknya saat ini terus melakukan patroli pengawasan penindakan terkait peredaran barang kena cukai ilegal serta terus melakukan sosialisasi keseluruh wilayah kerja dengan berkoordinasi dan bersinergi pada pemerintah setempat.

"Bea Cukai saat ini memiliki strategi Tracking, sosialisasi barang cukai ilegal, agar seluruh masyarakat khususnya di Kabupaten Nias Selatan mengetahui dan waspada akan perdaran barang ilegal seperti rokok yang semakin marak dipasaran," tuturnya.

Bonus Doddy Putratama diakhir keteranganya menyampaikan apabila ada masyarakat dan juga pemerintah setempat yang mengetahui atau mendapatkan informasi peredaran barang kena cukai ilegal untuk segera menginformasikannya kepada Bea Cukai Sibolga melalui kontak layanan pengaduan: 08116159944 atau Ig: Beacukaisibolga dan melalui email: Sibolgakpbpc@gmail.com.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar