BPD Siwalawa Rakor Dengan Pemdes Untuk Pengembangan BUMDes

Ketua BPD Siwalawa, Walaupun Sarumah Saat Rakor Dengan Pemdes Untuk Pengembangan BUMDes
Rakor BPD Swalawa Dengan Pemdes Untuk Pengembangan BUMDes

KBRN, Nias Selatan :  Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Siwalawa mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) dengan Pemerintah Desa (Pemdes) bersama Direktur Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Siwalawa untuk mengemukakan penguatan dan pengembangan BUMDes yang terbentuk sejak tahun 2018.

Rakor tersebut dibuka secara resmi oleh Ketua BPD, Walaupun Sarumaha, S.Pd., MA., M.I.P., di Kantor BPD Siwalawa,

Turut hadir Tenaga Ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (TAP3MD) Kabupaten Nias Selatan, Yankas Zagoto, SE., Yosua Bu'ulolo, SE., dan Fa'ano Laia, PDP Kecamatan Fanayama, Victor Wau, S.Th., serta Direktur BUMDes, Erwinus Sarumaha, SE.

Walaupun Sarumaha saat memimpin rapat didampingi oleh Wakil Ketua BPD, Tanggapan Sarumaha, S.Pd., dan Sekretaris BPD, Elovering Sarumaha, S.Pd. Juga hadir lengkap para Ketua Bidang, Pelnituden Sarumaha, A.Md., dan Adoramus Sarumaha, serta Anggota BPD, Sunozokho Sarumaha, Kupercayakan Sarumaha, Salimani Sarumaha dan Srihandayani Sarumaha, SH.

Melalui paparan Ketua BPD Siwalawa, menjelaskan bahwa pelaksanaan Rakor itu merupakan inisatif BPD sebagai mitra kerja Pemerintah Desa Siwalawa untuk membahas dan menyepakati penyelarasan  Peraturan Desa (Perdes) Nomor 2 Tahun 2018  tentang Pembentukan Badan Usaha Milik Desa Siwalawa. 

"Karena kondisi yang berkembang sehingga Peraturan Desa yang ada sebelumnya dipandang perlu disesuaikan dengan Peraturan Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi RI Nomor 3 Tahun 2021 tentang Pendaftaran, Pendataan dan Pemeringkatan, Pembinaan  dan Pengembangan dan Pengadaan Barang dan/atau Jasa Badan Usaha Milik Desa," jelasnya, Selasa (26/10/2021).

Penyesuaian Perdes itu juga disampaikan oleh TAP3MD Nisel, Yankas Zagoto, Yosua Buulolo dan Fa’ano Laia. Beberapa alasan yang dikemukakan adalah penyusunan Perdes sebelumnya masih mengacu pada Peraturan Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi RI Nomor 4 Tahun 2015 tentang Pendirian, Pengurusan, dan Pengelolaan dan Pembubaran BUMDes. 

Melalui paparan Yosua Buulolo, menyebutkan Permendesa Nomor 4 Tahun 2015 sudah tidak relevan lagi. Sehingga perlu dilakukan penyesuaian sebagaimana diamanatkan pada Pasal 34 Permendesa Nomor 3 Tahun 2021, bahwa BUMDes yang telah ada sebelum Peraturan Menteri ini wajib melakukan penyesuaian paling lama 1 (satu) tahun terhitung sejak Peraturan Menteri itu diundangkan.

Kepala Desa Siwalawa, Balazizokho Sarumaha, S.Pd., sangat menyambut baik pelaksanaan Rakor itu. Bahkan Ia mengucapkan banyak terima kasih kepada para Pendamping Kabupaten (TAP3MD) atas pemaparan dan penjelasan tentang mekanisme pendaftaran BUMDes untuk memperoleh sertifikat badan hukum yang akan dikeluarkan oleh Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia RI.

Selanjutnya, ia mengatakan pada prinsipnya akan memperkuat BUMDes Siwalawa apabila pengurus sungguh-sungguh dan serius. “Melalui kesepakatan antara Pemerintah dan BPD, kami dapat menambahkan modal usaha sepanjang pengelola memiliki semangat dan komitmen yang kuat untuk mengembangkan BUMDes. Sebab, dengan jalannya BUMDes akan menjadi salah satu peluang untuk memulihkan ekonomi masyarakat sebagaimana yang diharapkan oleh pemerintah,” ujarnya.

Hal-hal yang disepakati dalam Rakor dimuat oleh BPD Siwalawa dalam berita acara, dan ditanda tangani secara bersama-sama oleh Pimpinan BPD, Kepala Desa, Sekretaris Desa dan TAP3MD Nisel. Kemudian Pimpinan BPD menyerahkan 1 (satu) set berita acara kepada pihak-pihak terkait yakni Kepala Desa dan TAP3MD sebagai bahan pedoman, monitoring dan evaluasi ke depan. 

Rakor berjalan dengan kondusif, harmonis dan sagat demokratis. Kedua lembaga baik BPD maupun Pemdes saling menyampaikan saran dan pandangan untuk memajukan BUMDes Siwalawa dengan harapan akan mempengaruhi peningkatan ekonomi dan menghasilkan pendapatan asli desa (PADes) dalam rangka mewujudkan percepatan pencapaian kemandirian dan kesejahteraan masyarakat. 

Peserta Rakor yang hadir dari Pemerintah Desa Siwalawa adalah Sekretaris Desa, Antonius Sarumaha, M.Pd., Kasi Pelayanan, Siliwanus Sarumaha, S.Pd., Kaur Tata Usaha dan Umum, Yunitasari Sarumaha, Kaur Keuangan, Salome Sarumaha, Kepala Dusun I (satu), Logisman Sarumaha dan Kepala Dusun II (dua), Ratractationes Sarumaha.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00