Perkuat Pembangunan Daerah Berbasis Penelitian Pemkab Nias Barat Jalin Kerjasama dengan USU

Pemkab Nias Barat diwakili Kadis Pariwisata menandatangani nota kesepahaman dengan Rektor USU.

KBRN, Gunungsitoli: Sinergitas antara Pemerintah, Akademisi dan Industri yang disebut dengan triple helix menjadi pendorong gerakan pembangunan daerah berbasis penelitian dan pengembangan. 

Selain itu, otonomi daerah juga memberi peluang luas kepada Pemerintah Daerah untuk bekerjasama dengan Perguruan Tinggi sebagai mitra dalam menghasilkan inovasi untuk meningkatkan daya saing daerah. 

Hal inilah yang mendorong Pemerintah Kabupaten Nias Barat mengambil langkah strategis untuk menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk Perguruan Tinggi, salah satunya adalah Universitas Sumatera Utara (USU). 

Kerjasama ini telah diawali dengan penandatangan Nota Kesepahaman oleh Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu, dan Rektor USU, Muryanto Amin pada 30 Agustus 2021 lalu, dimana penandatangan dilaksanakan secara virtual dikarenakan masa pandemic. 

Kemudian dilanjutkan  dengan kerjasama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Nias Barat dengan Tim Peneliti USU pada pada 14 Oktober 2021, dalam rangka pembinaan dan pendampingan Desa Wisata Kabupaten Nias Barat. 

Tim Peneliti ini diketuai oleh Prof. Dr. Erika Revida, MS, seorang guru besar pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dan Magister Administrasi Publik (MAP) Universitas Sumatera Utara yang sudah tidak asing lagi dengan Kabupaten Nias Barat, sekaligus seorang peneliti dan penulis berbagai kajian dan buku tentang kepariwisataan.

Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu mengatakan, dengan adanya kerjasama tersebut memiliki ruang lingkup antara lain pemanfaatan bersama berbagai sumber daya, bidang penelitian, pengembangan, dan inovasi sector kepariwisataan, pertanian, kelautan dan perikanan serta pengembangan pusat kajian Indonesia dan budaya local.

Selain itu, lanjut Khenoki, bidang pengabdian masyarakat, bidang pendidikan, termasuk implementasi Program Studi Luar Kampus Utama (PSDKU) dan bidang lainnya yang di sepakati, maka terbuka kesempatan untuk perangkat daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Nias Barat untuk menjalin kerjasama selanjutnya dengan Universitas Sumatera Utara.

"Kita telah membuka kerjasama dengan Universitas Sumatera Utara sesuai dengan kebutuhan bidang urusan masing-masing demi mendorong peningkatan perekonomian masyakarat dan daya saing daerah Kabupaten Nias Barat," ucapnya mengakhiri, Jumat (22/10/2021).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00