Kakan Kemenag Gunungsitoli : Meneladani Ruhul Jihad Dalam Menyambut Peringatan Hari Santri Nasional 2021

KBRN, Gunungsitoli: Berbagai kegiatan digelar oleh Panitia Peringatan Hari Santri Tahun 2021 Kantor Kementerian Agama Kota Gunungsitoli menyambut Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2021.

“Alhamdulillah, 2 kegiatan terlaksana dengan baik yakni ziarah ke makam para Ulama di Kota Gunungsitoli yang dilaksanakan  Senin 18 Oktober 2021 serta pelaksanaan Istighasah/ dzikir dan doa bersama Rabu 20 Oktober 2021. Puncak acara akan  dilaksanakan besok upacara Hari Santri Nasional 22 Oktober 2021 di lokasi Pondok Pesantren Hidayatullah Jl. Pelud Binaka Km 17, Desa Siwalubanua II Kecamatan Gunungsitoli Idanoi, Kota Gunungsitoli,” ujar Sekretaris Panitia Pelaksana Peringatan Hari Santri Tahun 2021 Kantor Kementerian Agama Kota Gunungsitoli, Hardiman Zega, Kamis (21/10/2021).

Terkait dengan kegiatan ini, pihak Kantor Kementerian Agama selaku penyelenggara kegiatan mengalokasikan berbagai acara ini di dua lokasi yang berbeda, ada yang digelar di Pondok Pesantren Ummi Kalsum, dan sebagian kegiatan lainnya dilaksanakan di Pondok Pesantren Hidayatullah.

Pada kesempatan acara istighosah, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Gunungsitoli Saripuddin Daulay mengulas sejenak sejarah adanya Hari Santri Nasional ini awal mulanya berasal dari Bapak Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 22 Tahun 2015.

“Kemerdekaan Indonesia memang tidak lepas dari perjuangan kaum santri dan kaum ulama. Itulah kenapa tanggal 22 Oktober diperingati sebagai Hari Santri Nasional. Penetapan Hari Santri Nasional dimaksudkan untuk mengingat dan meneladani semangat jihad para santri merebut serta mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang digelorakan oleh para ulama,” ujar Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Gunungsitoli Saripuddin Daulay.

Santri generasi penerus yang tidak hanya agamis melainkan  pemikirannya lebih tinggi yang berkenaan dengan pengetahuan yang luas.

“Semoga apa yang menjadi harapan dalam memperingati Hari Santri Nasional tahun ini dapat dilakukan dengan baik demi terciptanya negara yang maju dan tetap semangat dalam berjihad,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Gunungsitoli.

Karena perayaan Hari Santri tahun 2021 ini masih dilalui di masa pandemic Covid-19, maka seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Santri tersebut juga dilakukan sesuai dengan ketentuan Prokes yang berlaku. Ida

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00