Dari 170 Kepala Desa Di Kabupaten Nias, 51 Diantaranya Telah Berakhir Masa Jabatan

Foto Kadis PMD kabupaten Nias pada saat dialog di programa satu RRI Gunungsitoli

KBRN,Gunungsitoli : Dari 172 kepala desa Se-kabupaten Nias, 51 diantaranya telah habis masa jabatan sebagai kepala Desa. Kepala desa yang sudah berakhir masa jabatan tersebut ada yang sudah berakhir tahun 2019, dan tahun 2020.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa kabupaten Nias Fanolo Laoli,S.Sos kepada Radio Republik Indonesia mengatakan bahwa selain yang sudah berkahir masa jabatan, terdapat juga 6 kepala desa yang kosong karena meninggal dunia dan juga diberhentikan karena bermasalah.

Dalam mengisi kekosongan jabatan ke 57 kepala desa tersebut, Bupati Nias telah mengangkat penjabat sementara kepala desa dari pegawai negeri sipil dilingkungan pemkab Nias. hal ini dilakukan agar tidak menggangu pelaksanaan program kerja pemerintahan desa, terlebih ditengah penyebaran covid-19 ini.

“ Untuk mengisi kekosongan jabatan kepala desa ini, maka Bapak Bupati Nias telah mengangkat penjabat sementara kepala desa di 57 desa yang telah berakhir masa jabatan termasuk kepala desa yang meninggal dunia dan juga diberhentikan karena bermasalah ” Ujarnya (Selasa/12/10/2021).

Lebih jauh di jelaskan Fanolo Laoli, Pemerintah kabupaten Nias melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa kabupaten Nias akan menjadwalkan pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak di kabupaten Nias tahun 2022 akan datang.

Menurut keterangan yang disampaikan Fanolo Laoli penundaan tersebut sesuai surat Menteri Dalam Negeri yang telah di terima pada bulan agustus 2021, mengingat masih dalam suasan pandemi covid-19.

“ untuk pemilihan kepala desa serentak tahun 2021 di kabupaten Nias kembali kita tunda. Hal ini sesuai surat Kemendagri. Dan rencana kita laksanakan tahun 2022 ” Ujarnya (Selasa/12/10/2021).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00