Pembangunan Septic tank Sebagai Salah Satu Upaya Penanggulangan Terhadap Pencemaran Lingkungan

KBRN, Gunungsitoli: Untuk tahun 2021, Pemerintah Desa Moawo anggarkan sejumlah dana yang bersumber dari Dana Desa untuk pelaksanaan pembangunan septic tank di 15 rumah warga desa yang terletak di kawasan Dusun I dan Dusun II desa Moawo.

“Terkait dengan penetapan nama penerima septic tank ini, sebelumnya telah diawali dengan menurunkan tim di lapangan, artinya mereka bekerja untuk mensurvei terkait dalam penetapan nama calon penerima bantuan Septic Tank tersebut. Tentunya dengan memperhatikan beberapa hal indikator seperti warga yang sama sekali tidak memiliki WC dan Septic Tank, memiliki WC namun tidak memiliki Septic Tank begitu juga sebaliknya, sehingga terpilih warga yang benar-benar layak untuk mendapatkan bantuan,” ujar Kepala Desa Moawo Arisman Telaumbanua, Senin (27/09/2021).

Tujuan dari program ini sebagai salah satu penanggulangan terhadap pencemaran lingkungan yang terkesan kotor, selain itu juga sebagai sarana pemenuhan kebutuhan terhadap kelengkapan sarana prasarana dari masing – masing rumah warga yang masih mengalami kendala terkait kelengkapan kamar mandi.

“Seperti kita ketahui bahwa sanitasi dan air bersih merupakan tujuan ke-6 dari tujuan pembangunan berkelanjutan dimana sanitasi dan air bersih merupakan kebutuhan dasar yang meliputi air minum, hygiene dan sanitasi, kualitas air, efisiensi penggunaan air, dan pengelolaan sumber air, dengan adanya akses seperti ini di tingkat desa maka kita akan dapat mendeteksi apakah masih ada jumlah keluarga yang masih melakukan buang air besar sembarangan,” tutup Arisman.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00