Petugas dan Warga Binaan Lapas Kelas IIB Gunungsitoli Ikuti Simulasi Kebakaran

Pada saat simulasi kebakaran di dalam Lapas kelas IIB Gunungsitoli

KBRN,Gunungsitoli : Lapas Kelas IIB Gunungsitoli melaksanakan simulasi pemadam Kebakaran. kegiatan ini diselenggarakan bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Gunungsitoli, yang digelar di Lapas Kelas IIB Gunungsitoli pada hari Jum’at 24 September 2021.

Simulasi kebakaran tersebut, melibatkan para ASN maupun warga binaan di lapas kelas IIB Gunungsitoli, dan tetap mengikuti protokol kesehatan covid-19.

Kepala Lapas Gunungsitoli Soetopo Barutu,S.Sos,M.Si kepada Radio Republik Indonesia menyatakan bahwa tujuan dilaksanakan simulasi ini adalah untuk memberikan pemahaman hal kebencanaan serta mengurangi dampak resiko dari bencana, dan kesiapsiagaan baik terhadap petugas maupun warga binaan sendiri.

“ Oleh karena itulah Lapas Gunungsitoli berkoordinasi dan bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Gunungsitoli, diharapkan dengan simulasi ini dapat mengurangi resiko kebakaran didalam Lapas Gunungsitoli ” Ujarnya (Sabtu/25/9/2021)

Lebih lanjut dikatakannya, dengan pengetahuan dalam simulasi yang diterima, petugas maupun warga binaan memiliki informasi dan pengetahuan hal menanggulangi kebakaran dan tidak tidak tertutup kemungkinan bisa menjadi relawan tanggap bencana atau Tagana dari Warga Binaan Pemasyarakatan.

“ kita tidak mengharapkan bencana. namun setidaknya kita memahami hal ancaman bencana didalam Lapas melalui mitigasi bencana. disamping itu kami dari Lapas sedang mempersiapkan sarana wajib untuk pencegahan kebakaran, seperti APAR, Karung Goni, tangga dan memasang banner himbauan waspada bencana yang dipasang di area umum termasuk stiker  waspada pengunaan alat elektronik di ruangan kerja terutama usai tutup kantor ” Jelas Soetopo.

Kegiatan pelatihan penanggulangan bencana ini sesuai dengan surat Direktur Jenderal Pemasyarakatan nomor PAS-PK.02.10.01-1092 Tanggal 10 September 2021 perihal Gangguan Keamanan dan Ketertiban serta penanggulangan bencana di UPT Pemasyarakatan agar setiap satuan Kerja melaksanakan koordinasi dengan stepholder terkait untuk melakukan sosialisasi dan simulasi guna menghindari gangguan keamanan dan ketertiban. 

Sementara itu Kepala Bidang Linmas dan Damkar Satpol PP Kota Gunungsitoli Yusgo Telaumbanua menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Lapas Kelas IIB Gunungsitoli yang telah menggagas kegiatan pelatihan penanggulangan kebakaran bagi Warga Binaan dan Petugas Lapas.

Petugas Damkar memaparkan penyebab, resiko serta cara menanggulangi kebakaran terutama dalam melakukan pemadaman api saat terjadi kebakaran. Selanjutnya, setelah selesai pemaparan materi, Kepala Dinas Kebakaran beserta jajarannya bersama-sama dengan ASN dan Warga Binaan Lapas Gunungsitoli melaksanakan simulasi cara pemadaman kebakaran yang tepat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00