Rencana Tata Ruang Wilayah kota Gunungsitoli Mengakomodir Kawasan Pergudangan di 3 Kecamatan

kbrn_22_rencana tata ruang kawasan_ pergudangan.jpg

KBRN, Gunungsitoli: Pemerintah kota Gunungsitoli melalui Dinas PUPR melihat bahwa kegiatan-kegiatan di kecamatan Gunungsitoli Selatan wajib diakomodir didalam rencana tata ruang. Termasuk dalam hal ini Jika kawasan pergudangan sebelumnya mengarah di kecamatan Gunungsitoli dan Gunungsitoli Utara, maka saat ini diperluas lagi kearah selatan hingga ke daerah kecamatan Gunungsitoli Idanoi.

“Kita melihat kota Gunungsitoli ini sebagai kota jasa, perkembangan pergerakan aktifitas ekonomi juga sudah lebih mengarah ke kecamatan Gunungsitoli Selatan. Artinya pemerintah kota Gunungsitoli melihat bahwa kegiatan-kegiatan di kecamatan Gunungsitoli Selatan juga wajib diakomodir didalam rencana tata ruang, misalnya seperti kegiatan industry dan pergudangan, yang selama ini berdasarkan rencana tata ruang kegiatan dimaksud itu diarahkan dari pusat kota ke Gunungsitoli Utara karena keberadaan pelabuhan,” ujar Kasi Perencanaan tata Ruang dan Pertanahan pada Dinas PUPR kota Gunungsitoli Thesa Binsafat Harefa, Selasa (21/09/2021).

Namun saat ini, sejak adanya pelabuhan ro-ro di kecamatan Gunungsitoli Idanoi dapat menjadi jawaban bagi para pelaku-pelaku usaha yang selama ini juga mengharapkan bagaimana supaya penetapan pola ruang, baik untuk kegiatan industry dan perdagangan itu juga dibuka di Gunungsitoli Selatan.

“Kita melihat juga dengan dibukanya Kecamatan Gunungsitoli Selatan dan Gunungsitoli Idanoi sebagai layanan industry dan perdagangan akan melayani daerah-daerah yang berbatasan mungkin seperti kabupaten Nias dan Nias Barat yang merupakan jalur penghubung sebenarnya antar kabupaten tersebut,” kata Thesa.

Ia juga mengatakan, ini merupakan bagian point penting dari revisi perda RTRW nomor 12 tahun 2012 yang tidak mampu lagi menampung kemajuan kota Gunngsitoli sebagai salahsatu kegiatan strategis Dinas PUPR tahun 2021.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00