Lapas Gunungsitoli Gandeng BPBD Gunungsitoli Dalam Upaya Mitigasi Bencana

petugas saat menegcek instalasi listrik dan mesin Genset di dalam Lapas Gunungsitoli

KBRN,Gunungsitoli : Dalam meningkatkan pemahaman menghadapi kebencanaan serta mengurangi dampak resiko bencana dan sekaligus kesiapsiagaan petugas maupun warga binaan dalam menghadapi bencana kebakaran, Lembaga Pemasyarakat kelas IIB Gunungsitoli menggandeng BPBD dan Dinas Damkar Kota Gunungsitoli ketika penanganan kebakaran di dalam Lapas.

Dalam pelatihan itu melibatkan 158 Warga Binaan dan 59 ASN Lapas Gunungsitoli khususnya Bidang Pengamanan.

Kepala Lapas Gunungsitoli Soetopo Barutu,S.Sos,M.Si kepada Radio Republik Indonesia menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakan pelatihan tersebut untuk kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana kebakaran. Sehingga melalui kegiatan mitigasi bencana tersebut diharapkan dapat meminimalisir kejadian di dalam lapas dan sekaligus memetakan titik rawan bencana di dalam Lapas Gunungsitoli.

“ kesiapsiagaan petugas sangat diperlukan dalam menghadapi bencana yang datang secara tiba tiba. Contohnya seperti bencana kebakaran. Jadi melalui kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan petugas dan WBP dalam menghadapi kebakaran khususnya dalam Lapas ” Ujarnya (Minggu/19/9/2021).

Lebih lanjut dikatakannnya, kegiatan pelatihan penanggulangan bencana ini sesuai dengan surat Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor PAS-PK.02.10.01-1092 Tanggal 10 September 2021 perihal Gangguan Keamanan dan Ketertiban serta penanggulangan bencana di UPT Pemasyarakatan agar setiap satuan Kerja melaksanakan koordinasi dengan stepholder terkait untuk melakukan sosialisasi dan simulasi guna menghindari gangguan keamanan dan ketertiban.

“ Pasca kebakaran di Lapas tanggerang beberapa minggu yang lalu, maka Dirjen Pemasyarakatan telah menginstruksikan untuk meningkatkan kewaspadaan di dalam Lapas, termasuk melakukan sosialisasi dan simulasi guna menghindari gangguan keamanan dan ketertiban ” Katanya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00