Bulan Agustus, Bulan Vitamin A, Vitamin yang Bermanfaat untuk Anak Berumur 6 bulan sampai 59 bulan

kbrn_4_ bulan_vitamin_a.jpg

KBRN, Gunungsitoli: Bulan Agustus adalah bulan pemberian kapsul vitamin A pada Balita. Bulan ini anak bisa mendapatkan berupa suplementasi vitamin A Kapsul Biru dosis 100.000 IU untuk bayi umur 6-11 bulan dan Kapsul Merah dosis 200.000 IU untuk anak umur 12-59 bulan.

“Kurang Vitamin A pada anak biasanya terjadi pada anak yang menderita Kurang Energi Protein atau gizi buruk sebagai akibat asupan zat gizi sangat kurang, termasuk zat gizi mikro dalam hal ini vitamin A. Anak yang menderita kurang vitamin A mudah sekali terserang infeksi seperti infeksi saluran pernafasan akut, campak, cacar air, diare dan infeksi lain karena daya tahan anak menurun. Namun masalah kekurangan vitamin A ini dapat juga terjadi pada keluarga dengan penghasilan cukup. Hal ini terjadi karena kurangnya pengetahuan orang tua tentang gizi yang baik. Gangguan penyerapan pada usus juga dapat menyebabkan kekurangan vitamin A,” jelas Kepala UPTD Puskesmas Gunungsitoli Selatan Sosaidaman Zebua s.Kep Nurs, Rabu (04/08/2021).

Pemerintah selalu menyikapi masalah tentang kekurangan vitamin A melalui suplementasi Vitamin A kepada anak balita. Suplementasi Vitamin A adalah program intervensi pemberian Kapsul Vitamin A bagi anak usia 6-59 bulan untuk mencegah kebutaan serta menanggulangi kekurangan Vitamin A yang masih cukup tinggi pada balita.

“Nah, oleh karena itu, mari kita semua, terutama ibu-ibu yang punya anak balita, ayo jangan sampai lupa ya, manfaatkan bulan Agustus ini, bawa balita-balita anda ke posyandu untuk mendapatkan vitamin A. Pastikan balita-balita kita semua mendapatkan kapsul Vitamin A pada Bulan Agustus ini di Posyandu yaaa…. Jangan lupa!,” tutup Sosaidaman. IDA

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00