Tingkatkan Keterampilan, Komunitas Pemuda Desa Lahemo Di Beri Pelatihan

KBRN.Gunungsitoli : Komunitas Pemuda Desa Lahemo bersama Forum Anak Desa Lahemo kecamatan Gido kabupaten Nias, kembali diberikan pelatihan anyaman tikar dan juga pelatihan tas anyaman dari pemerintah desa lahemo. Pelatihan yang dipusatkan di balai desa lahemo ini.

Menurut keterangan dari kepala Desa Lahemo Fa’akhododo Waruwu,S.Pd kepada Radio Republik Indonesia mengatakan, pelatihan ini sebagai upaya meningkatkan keterampilan dan kesejahteraan warga. sehingga dengan pelatihan pembuatan anyaman tas maupun anyaman tikar akan menjadikan aktivitas warga ke arah positif.

Dalam pelatihan ini ungkap Fa’akhododo, pemuda desa lahemo diajarkan oleh ibu ibu yang sudah terlatih dalam pembuatan anyaman di desa lahemo.

“ salah satu upaya kita meningkatkan keterampilan warga desa bang. kita sudah mengundang ibu ibu yang sudah ahli dan terlatih untuk memberikan pelatihan kepada pemuda desa lahemo ” Ujar Kades Lahemo (Minggu/01/8/2021).

Tujuan dari pelatihan kepada para pemuda  ini jelasnya, untuk meneruskan tradisi menganyam, mulai pengnyam tikar, topi dan beberapa produk lainnya yang sudah mulai punah saat ini.

Menurutnya, jika prospek mengayam ini baik maka akan dikembangkan untuk di jual dan menjadi tambahan penghasilan bagi warga. Dan pemerintah desa melalui Bumdes siap menampug hasil produksi anyaman.

“ bila ini berkembang, kita akan jalin kerjasama dengan dinas perindag kabupaten Nias untuk melakukan promosi dan pemasaran hasil produksi anyaman ini ” Katanya

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00