BMKG Binaka: Gelombang Tinggi Hingga 3 Meter di Wilayah Barat Nias Perairan Samudera Hindia

Forecaster BMKG Binaka Gununsgitoli, Ahmad Humaidi S.Tr

KBRN, Gunungsitoli: Ahmad Humaidi Forecaster BMKG Binaka Gunungsitoli minta masyarakat berhati-hati saat melaut ataupun menggunakan jalur penyebrangan.

“Untuk perairan Nias-Sibolga kami pantau tinggi gelombang 0,5-1.5 meter  jadi masih aman namun untuk wilayah Barat Nias perairan Samudera Hindia cenderung lebih tinggi 1,5 - 3 meter,” jelasnya, Sabtu (12/6/2021).

Ditambahkannya sesuai pantauan terutama di sebelah Barat Mentawai mencapai 5 meter dan juga di beberapa wilayah di Indonesia cukup riskan mengalami gelombang tinggi sehingga harus berhati-hati.

Sementara ketika dikonfirmasi mengenai prospek cuaca pada bulan Juni ini Ahmad menjelaskan pada dasa harian II yakni 11 – 20 Juni 2021 curah hujan akan cenderung lebih rendah dibanding pada Dasa Harian I (1-10 Juni 2021).

“Kalau pada dasa harian II hujan lebih jarang terjadi namun waktunya masih sama siang hingga sore hari begitu juga pada dasa harian III namun sedikit lebih tinggi dari dasa harian II, jadi curah hujan dari 50 -75 mm,”tambahnya.

Ia mengimbau agar masyarakat tetap mengindahkan peringatan dini dari pihak BMKG saat ada peringatan dini potensi cuaca ekstrem seperti siklon tropis yang bisa diperoleh dengan melalui Info BMKG yang dapat diakses di google playstore.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00