Hasil UKK, Jadi Indikator Ketercapaian Standar Kompetensi Lulusan SMK

UKK dibuka secara resmi oleh Kasi SMK Cabdis Teluk Dalam
Peserta UKK SMKN 1 Teluk Dalam

KBRN, Nias Selatan: Dalam rangka pemenuhan standar kompetensi kelulusan, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Teluk Dalam Kabupaten Nias Selatan melaksanakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) tahun 2021.

UKK dibuka secara resmi oleh Kasi SMK Cabang Dinas Pendidikan Teluk Dalam Provinsi Sumara Utara, Ar. Wau, S.Pd, MM, dan dalam arahannya mengatakan, UKK merupakan penilaian yang diselenggarakan khusus bagi siswa SMK untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik yang dilaksanakan di akhir masa studi.

“Hasil UKK bagi peserta didik akan menjadi indikator ketercapaian standar kompetensi lulusan sedangkan bagi stakeholder dijadikan sumber informasi atas kompetensi yang dimiliki calon tenaga kerja. Untuk mendapatkan sertifikat kompetensi, siswa harus kompeten karena SMK berorientasi pada permintaan dunia usaha/dunia industri,” ujarnya, Senin (19/04/2021)

Sementara itu, Kepala SMK Negeri 1 Teluk Dalam, Tafamaha Wau, S.Pd, MAP menyampaikan, sesuai dengan Surat Edaran Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2021 tentang peniadaan ujian nasional dan ujian kesetaraan serta pelaksanaan ujian sekolah dalam masa darurat penyebaran Covid-19, peserta didik SMK juga mengikuti UKK.

“Jumlah peserta UKK tahun ini sebanyak 187 orang yakni jurusan tata boga 28 orang, tata busana 37 orang, usaha perjalanan wisata 29 orang, multimedia 28 orang dan tehnik komputer dan jaringan 66 orang. Semua peserta didik telah mendapatkan bimbingan dari guru pembimbing dan hari ini siswa telah siap menunjukan ketrampilan dan keahliannya dihadapan para penguji sesuai dengan jurusannya masing-masing,” ujarnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00