P3MD Kab. Nias Selatan Sosialisasi Percepatan Data IDM Berbasis SDGs Desa

Sosialisasi Percepatan Data IDM Berbasis SDGs Desa Tahun 2021

KBRN, Nias Selatan: Tenaga Ahli (TA) Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) di Kabupaten Nias Selatan melaksanakan sosialisasi pemutakhiran data Indeks Desa Membangun (IDM) berbasis SDGs Desa  yang dapat mempercepat tercapainya tujuan pembangunan Desa yang berkelanjutan kepada Kelompok Kerja Relawan Pendataan Desa Tahun 2021.

Yankas Zagoto, SE., MAP selaku TA Pembangunan Partisipatif Nias Selatan menyampaikan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan melalui pemenuhan kebutuhan dasar, serta pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan secara berkelanjutan Pemerintah Desa perlu membuat langkah-langkah strategis sehingga pelaksanaan pendataan pemutahiran data IDM berbasis SDGs Desa dapat terealisasikan.

"Melalui Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi No 2 Tahun 2016 tentang Indeks Desa Membangun (IDM) menegaskan bahwa dalam rangka pencapaian sasaran Pembangunan Desa dan Kawasan Perdesaan yang berkelanjutan bagi pengentasan Desa Tertinggal dan peningkatan Desa Mandiri maka perlu disusun ketersediaan data dasar Pembangunan Desa dan Kawasan Perdesaan serta penetapan status kemajuan dan kemandirian Desa," ujarnya kepada RRI Kamis (15/4/2021).

Guna mendukung proses pelaksanaan pemutahiran data IDM berbasis SDGs Desa tersebut, kata Yankas, maka Pemerintah Kabupaten, Kecamatan dan Pemerintah Desa dilaksanakan dengan baik, benar dan mengeluarkan hasil rekomendasi arah Pembangunan Desa sesuai dengan kondisi aktual yang ada di Desa.

Ia berharap dengan terselenggaranya sosialisasi tersebut dapat meningkatkan pemahaman para pelaku pembangunan desa di Kabupaten  Nias Selatan tentang arah Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa dalam upaya meningkatkan status IDM dan memajukan serta memandirikan masyarakat Desa.

"Kepada seluruh peserta saya harap dapat  mempelajari segala materi dengan sungguh-sungguh yang nantinya akan menyampaikan penjelasan dan memberikan langkah – langkah yang akan dilakukan di Desa,” harapnya. (ID)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00