Tingkatkan Ketersediaan Bahan Pangan, Masyarakat Diajak Menanam Tanaman

Lokasi Fasui Laza km 6 Desa Bawonahono Kecamatan Fanayama

KBRN, Nias Selatan : Sebagai upaya untuk meningkatkan ketersediaan bahan pangan dirumah tangga, masyarakat diajak untuk menanam tanaman sendiri seperi sayur-sayuran maupun palawija. Dengan menanam sendiri masyarakat diharapkan dapat memenuhi kebutuhannya dirumah tanpa harus  membeli dipasar.

Hal itu disampaikan oleh tokoh masyarakat  Nias Selatan, Monas Duha, saat melakukan penanaman cabai bersama dilokasi kilometer enam Desa Bawõnahõnõ Kecamatan Fanayama Kabupaten Nias Selatan, Kamis (15/04/2021)

Menurutnya, dengan adanya pilot projet ditempat ini, akan menjadi daya tarik dan semangat masyarakat  secara khusus di Desa Bawõnahõnõ untuk bisa mandiri dibidang pertanian cabai, sehingga bisa belajar memetik hikmat manfaat dari kegiatan ini.

‘’Bagaimana kita melatih diri untuk bisa mandiri dibidang ketahanan pangan, sehingga semakin meluas yang memiliki pengalaman dibidang pertanian ini. Maka kita bisa mencapai kemandirian ketahan pangan diwilayah kita,” ujarnya.

Sementar itu salah seorang pekerja lahan tersebut, Irawan Harefa menyampaikan adapun luas lahan yang akan ditanam cabai saat ini sebesar seperempat hektar. Tahapan dalam penanaman cabai ini nantinya diawali dengan pembersihan lahan, kemudian penggemburan tanah.

“Seiring dengan pengolahan tanah, kita juga menyemaikan bibit benih. Ini membutuhkan waktu 20 hari,  sehingga setelah pengolahan lahan sudah siap 3 hari setelahnya lahan siap ditanam,” jelas Irawan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00