Pemkab Nias Genjot Pemulihan Ekonomi Industri Pariwisata di Tengah Pandemi

Destinasi wisata Mboboakhu (Pemandian air panas)

KBRN,Gunungsitoli: Untuk memulihkan perekonomian masyarakat di tengah pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Nias melalui dinas pariwisata secara bertahap mulai membuka sejumlah lokasi destinasi wisata di kabupaten Nias.

Menurut penjelasan dari kepala dinas pariwisata kabupaten Nias Drs.Kharisman Halawa, pengaktifan sejumlah lokasi destinasi wisata ini tidak menyampingkan protokol kesehatan covid-19. Karena hingga saat ini pemerintah daerah kabupaten Nias tetap fokus dalam menangani pencegahan penyebaran covid-19 di kabupaten Nias.

“ kita mulai menggenjot sektor pariwisata. Tujuannya untuk mendukung pemulihan ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19, tanpa menyepelekan prokes Covid-19 ” Ujarnya (Minggu/7/3/2021).

Sejak terjadi penyebaran covid-19 satu tahun terakhir ini ungkap Kharisman, kunjungan wisatawan di sejumlah lokasi destinasi wisata di kabupaten Nias menurun drastis. Dan bahkan dampaknya juga sangat berpengaruh terhadap pelaku ekonomi pariwisata dan kreatif, yang selama ini menggantungkan pencaharian di bidang tersebut.

“ kunjungan wisatawan pada tahun 2020 yang lalu turun drastis. dampaknya sangat dirasakan para pelaku ekonomi pariwisata maupun pelaku ekonomi kreatif ” Katanya.

Maka dari itu, di awal tahun 2021 dinas pariwisata mulai mengopersikan kembali sejumlah destinasi wisata di kabupaten Nias, seperti pemanfaatan destinasi Mbomboaukhu (pemandian air panas) di kecamatan Idanogawo, destinasi wisata alam bahari Soziona yang meliputi pantai semi, pantai Bozihona, pantai Tagaule Onolimbu termasuk pantai Dawalo Nalawo di kecamatan Bawolato.

Namun Kharisman menegaskan akan tetap memperketat penerapan protokol kesehatan ditempat destinasi wisata. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran covid-19. (Bobi R)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00