Maniamölö Fest Bangkitkan Perekonomian Di Desa Hilisimaetanö

Bupati Nias Selatan Hilarius Duha Menutup Secara Resmi Maniamölö Fest

KBRN, Gunungsitoli Akhirnya Maniamölö Fest di desa Hilisimaetanö kecamatan Maniamölö Kabupaten Nias Selatan resmi ditutup kemarin oleh Bupati Nias Selatan Hilarius Duha di damping Wakil Bupati Nias Selatan, Firman Giawa, Minggu (26/6/2022).

Setelah digelar selama 8 hari sejak tanggal 18 Juni yang lalu, banyak dampak  yang dirasakan oleh masyarakat desa Hilisimaetanö, seperti dikemukakan Sekretaris Desa Hilisimaetano sekaligus Ketua Panitia Pelaksana Maniamölö Fest, Kristiaman Dakhi yang dikonfirmasi rri.co.id.

Diungkapkannya dari sisi ekonomi, UMKM bangkit dan pemilik usaha warung mampu meraup omzet jutaan perhari apalagi saat acara pembukaan dan kedatangan Menteri Sandiaga Uno.

Sementara dari sisi budaya, budaya Nias dapat diperkenalkan kepada pengunjung apalagi kepada wisatawan asing yang menyaksikan atraksi budaya pada event tersebut.

“Kami sangat bersyukur akhirnya Maniamölö Fest dapat terlaksana meski tidak dipungkiri masih banyak kekurangan disana-sini. Namun kami sangat puas karena festival memberi multiplay effect bagi kami,” ucapnya.

“Dari sisi ekonomi ada kebangkitan ekonomi masyarakat terutama UMKM. Selama event ini terutama warung-warung dan penjual souvenir bisa meraup omset jutaan rupiah/hari apalagi saat pembukaan dan kedatangan Menteri Sandiaga,” sambungnya.

Tercatat selama pelaksanaan Maniamölö Fest jumlah pengunjung yang datang mencapai 4.000 orang dan ini sangat mereka syukuri mengingat event ini masih berskala desa.

Kedepan mereka akan kembali menggelar event budaya khususnya festival anak  bekerjasama dengan Kemendikbud RI pada bulan Agustus mendatang. Selain itu desa Hilisimaetanö juga akan mendapat bantuan dari PT.Astra berupa 2 unit Laptop, 2 unit smartphone, 2 unit Toilet dan 2 Unit Homestay.   

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar