Pertahankan Tradisi Leluhur, Masyarakat Desa Adat Hilinawalo-Batusalawa Gotong Royong Bangun Jalan

Gotongroyong Warga Desa Adat Hilinawalo Batusalawa, Kecamatan Fanayama Kabupaten Nias Selatan

KBRN, Gunungsitoli: Salah satu tradisi luhur yang merupakan cermin kearifan lokal yang dimiliki oleh masyarakat Desa Adat Hilinawalö Batusalawa - Banua Uluhösi Kecamatan Fanayama Kabupaten Nias Selatan dapat terlihat dari kegiatan gotong royong yang dilakukan oleh masyarakatnya.

Devid Kriscahyadi Buulolo sebagai keturunan bangsawan Generasi ke 7 pendiri desa Hilinawalö Batusalawa mengatakan gotongroyong dilakukan guna pembukaan salah satu ruas akses jalan dengan memanfaatkan bahan baku yang sudah disediakan oleh alam. 

"Ruas jalan ini menuju area persawahan masyarakat dan objek wisata Gua Omo Zilewe, salah satu ikon desa yang sedang kami promosikan," ungkapnya, Sabtu (25/9/2021). 

Dijelaskannya kegiatan gotong royong ini dilakukan pada hari Rabu setiap minggunya. Jika pada hari-hari lainnya  masyarakat bekerja untuk memenuhi kebutuhan pribadinya dan keluarga, maka khusus pada pertengahan minggu, masyarakat akan meluangkan waktu dan tenaga mereka untuk bersama-sama melakukan kegiatan/pekerjaan yang berguna bagi orang banyak (banua) secara sukarela.

"Terkadang muncul pertanyaan, bagaimana para leluhur pada masa dahulu membangun peradaban yang sangat mengagumkan seperti yang kita lihat saat ini di Desa Adat Hilinawalö Batusalawa, maka ini lah jawabannya!,"ucapnya bangga. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00