Bupati Nias : LBN Berperan Penting Dalam Pembinaan, Pemberdayaan Terhadap Sanggar Budaya

Bupati Nias Drs.Sokhiatulo Laoli,MM saat melantik pengrus LBN kabupaten Nias periode 2021-2024

KBRN,Gunungsitoli : Undang Undang Nomor 5 tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan telah mengamanatkan bahwa setiap pemerintah daerah tingkat provinsi maupun kabupaten Kota wajib menyusun dan membuat dokumen pokok pikiran kebudayaan daerah (PPKD). Dan pemerintah kabupaten Nias melalui keputusan Bupati Nias nomor 430/633/K/tahun 2018 tentang pokok pikiran kebudayaan daerah (PPKD) kabupaten Nias telah disusun dan di inventarisir objek pemajuan kebudayaan (OPK) dalam rangka pelindungan, pemanfaatan, pembinaan dan pengembagan kebudayaan di kabupaten Nias sebagai bagian dari pemajuan kebudayaan Nasional.

Hal itu dikatakan Bupati  Nias Drs.Sokhiatulo Laoli,MM pada saat melantik pengurus Lembaga Budaya Nias (LBN) pemerintah kabupaten Nias periode 2021-2024 yang digelar di ruang rapat lantai III kantor Bupati Nias.

Dilanjutkan Bupati Nias dalam dokumen PPKD telah diidentifikasi dan di kelompokan beberapa objek kemajuan kebudayaan (OPK) terkait kebudayaan, tradisi, dan adat istiadat leluhur yang masih dianut atau di pedomani oleh masyarakat diwikayah kabupaten Nias secara turun temurun antara lain Manuskrip (naskah/tulisan Kuno), Tradisi Lisan (Tuturan), Adat Istiadat, Ritual, Pengetahuan Tradisional, Teknologi Tradisional, Seni, bahasa, Permainan Rakyat, Olah Raga Tradisional dan Cagar Budaya.

“ secara bertahap dan berkesinambungan diharapkan ke 11 objek pemajuan kebudayaan (OPK) diharapkan untuk terus digali, dipelihara, dilestarikan dan di kembangkan dalam mendukung kehidupan masyarakat Nias karena memiliki nilai sejarah yang tinggi serta bermanfaat dalam tatanan kehidupan sosial, menunjukan citra, eksistensi dan kebanggaan sebagai suku Nias dari generasi kegenarasi ” Ujar Bupati Nias (Jum’at/4/6/2021).

Lebih jauh dijelaskan Bupati Nias sebagai elemen masyarakat Nias, maka keberadaan dan kehadiran Lembaga Budaya Nias sebagai Mitra Pemerintah Daerah memiliki peran dan fungsi strategis dalam melakukan pembinaan, pemberdayaan dan pendampingan kepada sanggar budaya maupun kelompok seni, budaya dan pariwisata, serta pemangku kepentingan lainnya di kabupaten Nias.

“ pemajuan budaya juga sangat berkontribusi dalam pembangunan dan pemajuan pariwisata. Karena melalui penampilan atau atraksi seni dan budaya akan menunjukan identitas dan jati diri kita sebagai daerah yang berbudaya ” Katanya.

Untuk itu Bupati Nias berharap kepada pengurus LBN periode 2021-2024 yang sudah dikukuhkan agar menyusun, merencanakan dan memprogramkan berbagai kegiatan dalam rangka penggalian nilai nilai kebudayaan, adat istiadat dan tradisi local untuk dikembangkan, dimanfaatkan serta diwariskan kepada generasi yang akan datanag.

Untuk diketahui bersama kepengurusan Lembaga Budaya Nias (LBN) Kabupaten Nias periode 2021-2024 yang dikukuhkan yakni Ketua Umum di jabat oleh Sofuziduhu Ndraha,S.Pd, Sekretaris Umum di percayakan kepada Agusman Zai,SH,MH dan Bendahara di jabat oleh Yuliasa Gea. Selain itu terdapat beberapa bidang seperti Bidang kesejarahan, cagar budaya dan permuseuman, Bidang Seni tradisional dan pergelaran, Bidang diskusi dan seminar, Bidang seni,bahasa dan sastra, Bidang penggalian dan pengembangan budaya, Bidang Famaeri Sibolowua, dan Bidang Famaeri Ono Matua, serta dilengkapi dengan sekretariat// (Bobi R)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00