Putusan Sengketa Pemilihan Masih Dipelajari KPU Nias Utara.

KBRN, Gunungsitoli : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nias Utara tetap menghargai Putusan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Nias Utara, tentang sengketa Pemilihan.

Ketua KPU Kabupaten Nias Utara Evorianus Harefa mengatakan,  Point penting putusan Bawaslu tersebut, membatalkan berita acara, tentang penetapan Paslon peserta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati,  khusus Bakal Paslon Fonaha Zega dan Emanuel Zebua (Fodela).

Kemudian, melakukan Verifikasi dan Klarifikasi ulang terhadap dokumen persyaratan calon di berkas pemohon menyangkut surat keterangan dari Kepala Lapas tentang telah selesai menjalani pidana penjara dan telah menjalani pembebasan bersyarat.

“ Keputusan Bawaslu tersebut masih di pelajari oleh KPU Kabupaten Nias Utara, sehingga nantinya menjadi dasar untuk membuat berita acara penetapan Bakal pasangan calon Fodela” Terang, Evorianus, Rabu (14/10/2020).

Ketua KPU Evorianus Harefa menyatakan, bahwa putusan Bawaslu Kabupaten Nias Utara, telah di dengar oleh Masyarakat melalui laman Facebook Bawaslu Kab Nias Utara dan maknanya tentu Bawaslu yang lebih mengetahui.

Menurut Evorianus,  pihak KPU belum dapat memberikan kepastian kepada masyarakat,  dikarenakan proses verifikasi dan klarifikasi ulang berkas Bakal Paslon Fodela di sesuaikan dengan ketentuan yang berlaku dan harus dikoordinasikan dengan Komisioner KPU Provinsi Sumatera Utara. 

Hal yang sama juga di sampaikan Komisioner Divisi Hukum KPU Kabupaten Nias Utara Inotonia Zega menyampaikan, bahwa Putusan Bawaslu Kabupaten Nias Utara, tidak dipastikan untuk menetapkan Bakal Pasangan Fodela menjadi Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Nias Utara dikarenakan dalam putusan tersebut hanya membatalkan berita acara penetapan Paslon Fodela.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00