KPU Nias Utara Verifikasi Ulang Bapaslon Fodela

KBRN, Gunungsitoli : Keputusan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Nias Utara tentang masalah sengketa pemilihan untuk Bakal Pasangan Calo Fonaha Zega dengan Emanuel Zebua (Fodela) selaku pemohon dan KPU Nias Utara selaku Termohon, belum memberikan hasil yang pasti, Senin (12/9/2020).

Keputusan Bawaslu Yang di Bacakan Oibuala Laia, Koodinator Divisi Hukum, penanganan dan Pelanggaran Penyelesaian Sengketa  Bawaslu Kabupaten Nias Utara, mengabulkan permohonan pemohon untuk sebagian dengan memerintahkan termohon untuk membatalkan berita acara No. 178/TPL.02.3-BA /1224/Kab. lX tahun  2020,  Tgl 23 Sep 2020, tentang penetapan Paslon peserta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati,  khusus Paslon Fonaha Zega dan Emanuel Zebua.

Kemudian, termohon dan pemohon secara bersama-sama melakukan perbaikan prosedur, dengan cara  melakukann verikasi atau klarifikasi ulang terhadap dokumen persyaratan calon di berkas pemohon menyangkut dokumen perihal, surat keterangan dari Kepala Lapas tentang telah selesai menjalani pidana penjara dan telah menjalani pembebasan bersyarat,  cuti bersyarat,  cuti menjelang bebas atas nama pemohon sesuai peraturan perundang-undangan yg berlaku serta menuangkan hasil verifikasi atau klarifikasi tersebut dalam suatu berita acara, untuk di jadikan dasar bagi termohon dalam menentukan status pencalonnan pemohon.

Memerintahkan termohon untuk menerbitkan berita acara khusus, bilamana hasil verifikasi atau klarifikasi keterpenuhan syarat calon di berkas pemohon telah benar dan sah, serta selanjutnya menerbitkn surat keputusan terhadap status pencalonan pemohon dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Nias Utara tahun 2020.

"Dalam putusan tersebut, Memerintahkan termohon melaksanakan amar putusan poin 3 dan poin 4,  paling lama 7 hari kalender, sejak termohon melaksanakan putusan ini, serta termohon melaksanakan putusan ini paling lama 3 hari kerja setelah putusan dibacakan," jelas Oibuala.

Sementara itu, KPU Kabupaten Nias Utara Evorianus Harefa menyatakan, putusan Bawaslu tentang sengketa pemilih akan di laksanakan oleh KPU Nias Utara, namun tidak menjadi ketentuan untuk meloloskan Fodela Menjadi pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Nias Utara.

"Pelaksanaan verifikasi ulang harus di sesuaikan Peraturan KPU No. 1 tahun 2020" Ungkap, Evorianus. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00