BKKBN Kerahkan Kader Lapangan Layani Akseptor Datang Langsung ke Rumah

Ketua Ikatan Penyuluh Keluarga Berencana ( IPeKB) Prov.Gorontalo Afrilianto HIda (tengah)

KBRN, Gorontalo : Dimasa Pandemi Covid 19, BKKBN berupaya mempertahankan akseptor aktif tetap terjaga. Cara yang dilakukan yakni dengan memberikan pelayanan sistem jemput bola dengan mengerahkan kader lapangan. Pemerintah tidak menginginkan peserta KB kesulitan mengakses alat kontrasepsi yang sudah disediakan disebabkan dengan adanya beberapa pembatasan.

Ketua Ikatan Penyuluh Keluarga Berencana (IPeKB) Provinsi Gorontalo Afrilianto Hida mengatakan, pelayanan bagi peserta KB, tetap mengedepankan kualitas layanan.

“Meski pemerintah memberikan target untuk capaian kepesertaan  KB, tetapi mutu pelayanan sangat diutamakan. Bahkan pelayanannya bisa dilakukan langsung dirumah dengan mengantarkannya langsung kepada akseptor,” kata Afrilianto Hida, Sabtu (20/06/2020)

Khusus dimasa Pandemi Covid 19, BKKBN mengarahkan akseptor menggunakan kontrasepsi pil, suntik dan kondom. Para kader akan mendatangi langsung pasangan usia subur khususnya bagi peserta lanjutan.

“Kita diberikan perintah oleh Pusat (BKKBN) kalau boleh diintervensi dengan suntik, pil dan kondom. Pil atau kondom kita antara langsung. Tapi kalau peserta baru harus lewat bidan kecuali peserta lanjutan bisa melalui kader. Sedangkan KB suntik itu  tetap menggunakan fasilitas kesehatan atau praktek bidan mandiri,” ujarnya lagi

Ia menambahkan selaku Penyuluh KB yang diberikan amanah oleh BKKBN pusat pihaknya senantiasa memberikan penyuluhan terbaik memberikan informasi terkait program Keluarga Berencana terlebih pada situasi pandemi Covid-19.

Baca Juga :Dexamethasone Viral Jadi Obat Covid-19, Ingat Efek Sampingnya

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00