Dexamethasone Viral Jadi Obat Covid-19, Ingat Efek Sampingnya

Dexamethashone Obat Jenis Steriod yang digunakan sebagai anti Inflamasi. Foto : Istimewa

KBRN, Gorontalo : Media sosial saat ini viral dengan informasi tentang Dextamethashone obat anti Covid 19. Berdasarkan riset dari peneliti  di Inggris, obat  Dexamethasone memiliki bukti kemanjuran untuk menyelamatkan pasien Corona bergejala berat.

Dikonfirmasi RRI Dokter Spesialis Paru Sukri Antuke mengungkapkan, Dextametazone adalah jenis obat steroid yang memang digunakan untuk mengobati inflamasi (peradangan).

“Penyakit yang disebabkan infeksi kuman dengan sendirinya menyebabkan inflamasi. Pada kasus Corona Virus di Wuhan, Dexamethasone memang pernah digunakan utuk menangani pasien Covid, juga di Eropa. Namun kekurangannya Dextamethasone bisa menyebabkan imunitas ikut tertekan  bagi orang yang mengkonsumsi obat ini,” jelas dokter Sukri, Kamis (19/06/2020)

Baca Juga :  Banjir Melanda Kota Gorontalo, Warga Dievakuasi di 3 Lokasi

Penggunaan Dexamethasone dalam jangka waktu lama berakibat akan  menurunkan sistem imun dan efek samping yang lain. Obat ini boleh digunakan tetapi harus konsultasi dengan dokter.

“Di Covid ada yang dikenal Inflamasi Storm dimana sel-sel radang bereaksi semua. Itulah digunakan steroid cuma hati-hati karena inflamasi ini adalah daya tahan tubuh. Kalau kita tekan, imunitas kita turun,” ujar Sukri  

Ia mengingatkan agar tidak sembarangan mengkonsumsi Dexamethasone apalagi obat ini mudah dibeli secara bebas di Apotek dan harganya juga sangat terjangkau.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00