Idul Fitri Tahun Ini Ummat Islam Diimbau Shalat Ied Dirumah

Syafrudin Baderung

KBRN, Gorontalo : Ummat Islam diminta melaksanakan Salat Idul Fitri 1441 Hijriah dirumah masing-masing. Imbauan dalam bentuk edaran itu dikeluarkan Kementrian Agama Republik Indonesia ditengah mewabahnya virus  corona. Kepala Bidang Bimas Islam Kanwil Kemenag Provinsi Gorontalo Syafrudin Baderung mengungkapkan, pemerintah menganjurkan agar Salat hari raya Idul Fitri dilaksanakan dirumah. Tetapi bagi daerah yang katagori zona hijau yang ingin melaksanakan Salat Ied di masjid-masjid atau lapangan, tergantung dari kebijakan yang dikeluarkan oleh Kepala Daerah.

“Adapun edaran Kemenag merupakan kesepakatan bersama berdasarkan Fatwa dan Tausiyah Majelis Ulama Indonesia (MUI). Kita hanya bisa menghimbau tetapi tidak bisa melarang ketika ada daerah mengizinkan melaksanakan Salat Idul Fitri,” jelas Syafrudin Baderung, Rabu (20/05/2020).

Kemenang sudah mengeluarkan pedoman pelaksanaan Salat Ied dalam kelompok kecil dan itu bisa digunakan sebagai panduan ketika Salat Ied dilaksanakan dirumah.

“Imbauan yang dikeluarkan Kementrian Agama juga mempertimbangkan masukan dari ormas-ormas Islam.  Imbauan itu sudah disampaikan dan diharapkan menjadi pedoman dalam pelaksanaan Idul Fitri selama masa Pandemi Covid-19,”pungkasnya

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00