Nelayan Gorontalo minta dilibatkan dalam Perencanaan bantuan

KBRN Gorontalo : Perhatian Pemerintah Kota Gorontalo kepada Nelayan diwilayah pesisir Pantai Selatan  dinilai sudah cukup baik dalam memenuhi kebutuhan para nelayan.

Hanya saja, Pemerintah Kota melalui Dinas Perikanan, diharapkan melibatkan nelayan penerima bantuan dalam perencanaan program.

Kepada RRI  pagi  tadi (16/01/20) Alun Ngiu Nelayan di Kelurahan Pohe Kecamatan  Hulonthalangi Kota Gorontalo menutarakan, keterlibatan Nelayan dalam  perencanaan kegiatan akan meminimalisir bantuan yang tidak tepat sasaran serta memenuhi keinginan dari para nelayan penerima bantuan.

Salah satu contoh kata Alun Ngiu, bantuan perahu Pelang.

seharusnya dalam perencanaan atau pembuatan Perahu ini Nelayan diikut sertakan  untuk merencang penempatan dan bentuk Cool Box atau kotak pendingin ikan.

“Persoalannya bantuan-bantuan berupa perahu pelang itu, menurut nelayan nelayan tidak selera mereka ingin harus begini, kenapa begini. Contonya dalamperahu pelang itukan ada tempat Cool Box yang permanen, ada yang Cuma berbentuk segitiga, maunya nelayan yang berbentuk segi empat. Keuntungan dibuat segi empat ini adalah tingkat kerusakan ikan itu  kecil, tetapi kalu dia yang berbentuk segi tiga resiko ikan rusak itu sangat tinggi. Ungkap Alun.

Menurutnya, selama ini  penempatan dan bentuk Cool box yang ada di perahu pelang tersebut resiko kerusakan ikan cukup tinggi. Sehingga itu kedepan diharapkan sebelum penyaluran  bantuan,  para nelayan khususnya penerima bantuan dilibatkan  untuk merancang perahu pelang tersebut.

“ Cuma kedepannya jika dimungkinkan bantuan-bantuan seperti itu diikut sertakan peran penerima bantuan itu  didalam merangcang perahunya, kan yeng menggunakan mereka to iya kan, sehingga tinggkat kenyamanan mereka juga ketika menggunakan perahu itu bisa terjamiN. tegas Alun Ngiu.( RA)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00